Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMP Muhammadiyah 56 Medan TA. 2020/2021

Fadilah Fadilah

Abstract


Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah model Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa SMP Muhammadiyah 57 Medan T.A 2020/2021 dan (2) Bagaimana penerapan model Make a Match dalam meningkatkan hasil belajar Matematika siswa SMP Muhammadiyah 57 Medan T.A 2020/2021. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui apakah model Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 57 Medan T.A 2020/2021 dan (2) Untuk mengetahui bagaimana penerapan model model Make a Match dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 57 Medan T.A 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Make a Match. Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi aktivitas belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-C SMP Muhammadiyah 57 Medan T.A 2020/2021 yang terdiri dari 26 orang siswa dengan rincian 14 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Objek Penelitian ini adalah hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match. Dari hasil penelitian dapat dilihat peningkatan ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada tahap awal mencapai 19,23 % kemudian pada siklus I menjadi 53,84 % kemudian meningkat pada siklus II menjadi 84,61 %. Dan hasil observasi aktivitas siswa dapat ditunjukkan bahwa pada siklus I mencapai nilai rata-rata 2,334 dengan kategori cukup, dan pada siklus II meningkat hingga 2,885 dengan kategori baik. Dari analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-C SMP Muhammadiyah 57 Medan T.A 2020/2021.


Keywords


Model Pembelajaran Make a Match, Hasil Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Al Rasyidin,Wahyudin.2015. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Cet. Ke 4. Medan: Perdana Publishing

Deschuri, Cani dan Dadang. 2016. Penerapan Model Kooperatif Teknik Make A Match Dengan Media Kartu Klop Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kenampakan Alam Dan Buatan. Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No. 1

Wirani, N., & Manurung, A. A. (2020). The importance of using a web-based learning model to prevent the spread of covid 19. Al'adzkiya International of Education and Sosial (AIoES) Journal, 1(1), 16-24.

The Influence of Three Stage Fishbowl Decision Learning Method On Mathematical Learning Ability

Design and Simulation of Indonesian Language Application Exam with Mobile-based End User Development Method

Doly, Marah. 2015. Penerapan Strategi instant Assesment Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa SMP Al Hidayah Medan TP. 2013/2014. Medan : Jurnal Matematika. Vol 1, No. 1.

Fatimasari, Tisha. 2017. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kompetensi Kejuruan Tkj Kelas X Tkj Smk Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Yogyakarta : SkripsiUniversitas Negeri Yogyakarta.

Halomoan, T., & Panggabean, S. (1). Pengaruh Metode Pembelajaran Classwide Peer Tutoring Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Prosiding SiManTap : Seminar Nasional Matematika Dan Terapan , 1, 95-98. Retrieved from http://bulletin.indoms-acehsumut.org/index.php/simantap/article/view/140

Huda, Miftahul. 2014.Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Imas Kurniasih dan Berlin sani. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta : Kata Pena.

Istarani.2012.Penelitian Tindakan Kelas.Cet. Ke-2. Medan : Media Persada

Kunandar.2016. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Maryanti, I., & Panggabean, S. (2018). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP HARAPAN MEDAN. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 56-62.

Muttolingah, IIn Dan Arrahim. 2017. Penggunaan Media Realia (Papan Magnetik) Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Kelas Iv Mi At-Taubah Kota Bekasi. Jurnal Pedagogik Vol.V, No. 2, September 2017.

Neni, Nisroha. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips, Surabaya : Volume 06 Nomor 04 Tahun 2018, 440-450

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Nasution, I. S., & Panggabean, S. (2018). MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP MUHAMMADIYAH 4 MEDAN. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 42-55.

Paizaluddin, Ermalinda. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Cet. Ke-2. Bandung : Alfabeta.

Panggabean, S. (2018). Pengaruh Metode Belajar Kumon Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Laks. Martadinata Medan. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 8(2), 37-41.

Panggabean, S., & Halomoan, T. (2019). Pengaruh Media E-Learning Berbasis Youtube Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Analisis Real Prodi Pendidikan Matematika FKIP UMSU. Prosiding SiManTap : Seminar Nasional Matematika Dan Terapan , 1, 25-30. Retrieved from http://bulletin.indoms-acehsumut.org/index.php/simantap/article/view/144

Panggabean, S., & Sumardi, H. (2018). Pengaruh Metode Drill Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Pertiwi Medan. Jurnal MathEducation Nusantara, 1(1), 89-96.

Putri, L. A., & Panggabean, S. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Treffinger Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMP Istiqlal Deli Tua. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 1(1).

Susanto, Ahmad.2016.Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Cet.ke-4. Jakarta: Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.30596/jmes.v1i2.5189

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.