Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran CRH (Course Review Horay) Dalam Meningkatkan Aktivitas Kemampuan Belajar Matematika

Maria Ulfa, Suvriadi Panggabean

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran menggunakan model pembelajaran CRH ( Crouse Review Horay) dapat meningkatkan kemampuan belajar matematika siswa kelas VII-3 SMP Cerdas Murni Tembung T.P 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Cerdas Murni yang berjumlah 120 siswa. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-3, yang berjumlah 30 siswa, pada sesi pertama no absen 1 sampai 15 yang berjumlah 15 siswa sebagai kelas kontrol, sedangkan untuk kelas eksperimen adalah siswa dengan nomor absen 16 sampai 30. Pada kontrol menggunakan model pembelajaran langsung sedangkan kelas eksperimen menggunakan model Crouse Review Horay. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian yang berjumlah lima soal. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat perbedaan antara rata-rata aktivitas kemampuan belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung dengan model Crouse Review Horay dilihat berdasarkan uji N-Gain ternormalisasi pada kelas kontrol sebesar 0,5 tergolong sedang dan kelas eksperimen sebesar 0,7 tergolong tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Crouse Review Horay efektif dalam meningkatkan aktivitas kemampuan belajar matematika pada siswa SMP Cerdas Murni Tembung T.P 2020/2021.

Keywords


Efektivitas, Model, Course Review Horay, Aktivitas Kemampuan Belajar Matematika

Full Text:

PDF

References


Wirani, N., & Manurung, A. A. (2020). The importance of using a web-based learning model to prevent the spread of covid 19. Al'adzkiya International of Education and Sosial (AIoES) Journal, 1(1), 16-24.

The Influence of Three Stage Fishbowl Decision Learning Method On Mathematical Learning Ability

Design and Simulation of Indonesian Language Application Exam with Mobile-based End User Development Method




DOI: https://doi.org/10.30596/jmes.v1i2.5192

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.