PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Surati Surati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model Problem Based Learning terhadaphasil belajar matematika materi Bangun Datar Segiempat di kelas VII-C SMP Negeri 2 Pangkalan Kuras. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-C SMP Negeri 2 Pangkalan Kuras yang bejumlah 38 siswa. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah model Prolem Bassed Learning untuk meningkatkan hasil belajar. Data penelitian ini merupakan nilai tes hasil belajar siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning pada mata pelajaran matematika materi Bangun Datar Segiempat. Nilai sesudah tindakan diperoleh dari pemberian soal setelah diterapkan metode Problem Based Learning. Setelah data diperoleh dan dianalisa maka dapat diketahui hasil belajar matematika siswa pada materi Segiempat pada siswa kelas VII-C SMP Negeri 2 Pangkalan Kuras, sebelum dan sesudah tindakan adalah sebahai berikut : (1). Nilai ulangan siklus I sesudah tindakan dengan rata-rata 68,81, dan ketuntasan klasikal 60,53%. (2). Nilai ulangan siklus II sesudah tindakan dengan rata-rata 90,78 dan ketunntasan klasikal 89,47%. Dengan demikian dari hasil tindakandapat diketahui bahwa hasil belajar setelah siswa diterap kan model Problem Based Learning meningkat pada setiap siklusnya.


Keywords


Problem Based Learning, Hasil Belajar Matematika, Bangun Datar Segiempat

Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal, 2009, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2003. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Renika Cipta, Yogyakarta.

Azis, Zainal, and Herman Mawengkang. 2017. Time Dependent Heterogeneous Vehicle Routing Problem for Catering Service Delivery Problem. Journal of Physics: Conference Series 890(1).

Batubara, Ismail Hanif. 2017. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Autograph Dan Geogebra Di SMA Free Methodist Medan. Kumpulan Jurnal Dosen UMSU: Wahana Inovasi 6(1): 97104. https://penelitian.uisu.ac.id/wp-content/uploads/2017/09/12.-Ismail-Hanif-Batubara.pdf.

Charyanti, Sudjana, N. 1989. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Sinar Baru Algesindo.

Charyanti, Winataputra, S dan Soekanto, T. 1997. Teori Belajar dan Model-Model Pembelajaran. JakartaL Depdikbud.

Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ibrahim & Suparni. 2008. Strategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Sukses Offset

Harahap, T. H. (2017). Penerapan Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa. JURNAL MATHEMATIC PAEDAGOGIC, 1(2), 152-161.

Harahap, T. H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) Terhadap Kemampuan Representasi Matematis. Jurnal MathEducation Nusantara, 3(1), 31-39.

Harahap, T. H & Fadilah, F. (2019). Penerapan Model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika pada Siswa SMP Muhammadiyah 57 Modern T.P. 2017/2018. Jurnal Dimensi Matematika: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, volume 2 (edisi 1), hal 118-124

Harahap, T. H., & Khairunnisa, K. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Muhammadiyah 1 Medan TP 2018/2019. JURNAL PDS UNP, 1(1), 271-278.

Harahap, T. H & Panggabean, S. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Classwide Peer Tutoring Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. In Prosiding SiManTap: Seminar Nasional Matematika Dan Terapan (pp. 95-98).

Khairani, Makmum. 2013. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Panggabean, S. (2018). Pengaruh Metode Belajar Kumon Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Laks. Martadinata Medan. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 8(2), 37-41.

Panggabean, S., & Harahap, T. H. (2018). Pengaruh Media E-Learning Berbasis Youtube Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Analisis Real Prodi Pendidikan Matematika FKIP UMSU. In Prosiding SiManTap: Seminar Nasional Matematika Dan Terapan (pp. 25-30).

Panggabean, S., & Harahap, T. H. (2020). STUDI PENERAPAN MEDIA KUIS INTERAKTIF QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 6(1), 78-83.

Panggabean, S., Nasution, E., & Batubara, I. H. (2020). PKM Pelatihan Massive Online Open Course (Mooc) Berbasis Quizizz Bagi Guru Smp Dan Sma Satu Nusa Yayasan Abdurrahman Ayun Binjai. IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(2), 238-247.

Panggabean, S., & Sumardi, H. (2018). Pengaruh Metode Drill Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Pertiwi Medan. Jurnal Math Education Nusantara, 1(1), 89- 96.

Rusman. 2012. Model Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Cetakan kelima. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sudjana, N. (2009). Penilaian hasil belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugihartono dkk. (2007). Psikologi pendidikan.Yogyakarta: UNY Press.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif. Jakarta : Penerbit Kencana




DOI: https://doi.org/10.30596/jmes.v2i1.6745

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.