UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONNECTED METHEMATICS PROJECT (CMP)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aqib, Zainal, 2009, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2003. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Renika Cipta,
Yogyakarta.
Batubara, Ismail Hanif. 2018. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Melalui Metode
Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Autograph Pada Mata Kuliah Kalkulus Peubah
Banyak Di Fkip Umsu. MES: Journal of Mathematics Education and Science 4(1): 5158.
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/view/869.
Charyanti, Sudjana, N. 1989. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Sinar Baru
Algesindo.
Charyanti, Winataputra, S dan Soekanto, T. 1997. Teori Belajar dan Model-Model
Pembelajaran. JakartaL Depdikbud.
Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Ibrahim & Suparni. 2008. Strategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Sukses Offset
Harahap, T. H. (2017). Penerapan Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan
Kemampuan Koneksi Matematika Siswa. JURNAL MATHEMATIC
PAEDAGOGIC, 1(2), 152-161.
Harahap, T. H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP)
Terhadap Kemampuan Representasi Matematis. Jurnal MathEducation Nusantara, 3(1),
-39.
Harahap, T. H & Fadilah, F. (2019). Penerapan Model Somatic, Auditory, Visualization,
Intellectually (SAVI) untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika pada Siswa
SMP Muhammadiyah 57 Modern T.P. 2017/2018. Jurnal Dimensi Matematika: Jurnal
Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, volume 2 (edisi 1), hal 118-124
Harahap, T. H., & Khairunnisa, K. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning
dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Muhammadiyah 1 Medan
TP 2018/2019. JURNAL PDS UNP, 1(1), 271-278.
Harahap, T. H & Panggabean, S. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Classwide Peer Tutoring
Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. In Prosiding SiManTap: Seminar
Nasional Matematika Dan Terapan (pp. 95-98).
Istarani. 2014. 50 Model Pembelajaran Inovatif. Medan : Media Persada.
Khairani, Makmum. 2013. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Kesumawati. 2008. Pengertian Pemahaman Konsep Matematika. Diakses dari
http://irwansahaja.blogspot.co.id/2014/06/pengertian-pemahaman-konsepmatematika.html.
Mawar, Bambang. Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Melalui Model Pembelajaran
Connected Mathematics Project (CMP) Berbantu Media Gambar. Diakses dari
http://googleweblight.com/lite_url=http://ejournal.umpwr.ac,id/index/ekuivalen/article/
view/1793.google.co.id.148205993 1pdf?sequence.
Panggabean, S. (2018). Pengaruh Metode Belajar Kumon Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa
Kelas VII SMP Laks. Martadinata Medan. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan
Pengembangan Kependidikan, 8(2), 37-41.
Panggabean, S., & Harahap, T. H. (2018). Pengaruh Media E-Learning Berbasis Youtube Terhadap
Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Analisis Real Prodi Pendidikan Matematika
FKIP UMSU. In Prosiding SiManTap: Seminar Nasional Matematika Dan Terapan (pp.
-30).
Panggabean, S., & Harahap, T. H. (2020). STUDI PENERAPAN MEDIA KUIS INTERAKTIF
QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN
MATEMATIKA. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 6(1), 78-83.
Panggabean, S., Nasution, E., & Batubara, I. H. (2020). PKM Pelatihan Massive Online Open
Course (Mooc) Berbasis Quizizz Bagi Guru Smp Dan Sma Satu Nusa Yayasan
Abdurrahman Ayun Binjai. IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(2), 238-
JOURNAL MATHEMATICS EDUCATION SIGMA (JMES)
Vol. 2, No. 1, Februari 2021
Panggabean, S., & Sumardi, H. (2018). Pengaruh Metode Drill Terhadap Hasil Belajar Matematika
Siswa SMP Pertiwi Medan. Jurnal Math Education Nusantara, 1(1), 89- 96.
Rusman. 2012. Model Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Cetakan
kelima. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sanjaya. 2009. Pemahaman Konsep Matematis. Diakses dari
http://mediaharja.co.id/2016/11/pemahaman-konsep-matematis.html.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta.
Sudjana, N. (2009). Penilaian hasil belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suhardjono. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Sugihartono dkk. (2007). Psikologi pendidikan.Yogyakarta: UNY Press.
Sumiarti dan Asra. 2013. Metode Pembelajaran. Bandung : CV Wacana Prima
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif. Jakarta : Penerbit Kencana
Winkel. 2004. Pengertian Pemahaman. Diakses dari
http://www.rijal09.com/2016/04/pengertian-pemahaman-konsep.html.
DOI: https://doi.org/10.30596/jmes.v2i1.6746
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.