UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONNECTED METHEMATICS PROJECT (CMP)

Tua Halomoan Harahap, Marah Doly Nasution

Abstract


Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran connected mathematics project dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa SMP Negeri 3 Medan T.P 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Medan T.P 2018/2019 yang terdiri dari 40 orang siswa. Objek penelitian ini adalah model connected mathematics project dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dengan pokok bahasan lingkaran. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yaitu untuk mengetahui pemahaman matematika siswa dengan menggunakan model connected mathematics project. Teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui tes dan observasi yang dilakukan pada berlangsungnya pembelajaran matematika. Data pada tes awal tingkat ketuntasan belajar siswa ditulis dalam bentuk tsbel dan grafik. Pada tes awal tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal diperoleh 18 orang siswa (45%) yang tuntas 22 orang siswa (55%) yang tidak tuntas. Pada siklus I meningkat menjadi 24 orang siswa (60%) yang tuntas, sedangkan 16 orang siswa (40%) belum tuntas, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 34 orang siswa (85%) yang tuntas, hasil observasi siswa yang dilakukan peneliti menunjukkan hasil rata-rata pada siklus I sebesar 73,85 dan pada siklus II sebesar 86,75. Aktivitas belajar matematika siswa selalu mengalami peningkatan mulai dari tes awal, siklus I, dan siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa belajar menggunakan model pembelajaran Connected Mathematics Project dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran SMP Negeri 3 Medan T.P 2018/2019.

Keywords


Konsep Matematika, Connected Mathematics Project

Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal, 2009, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2003. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Renika Cipta,

Yogyakarta.

Batubara, Ismail Hanif. 2018. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Melalui Metode

Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Autograph Pada Mata Kuliah Kalkulus Peubah

Banyak Di Fkip Umsu. MES: Journal of Mathematics Education and Science 4(1): 5158.

https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/view/869.

Charyanti, Sudjana, N. 1989. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Sinar Baru

Algesindo.

Charyanti, Winataputra, S dan Soekanto, T. 1997. Teori Belajar dan Model-Model

Pembelajaran. JakartaL Depdikbud.

Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ibrahim & Suparni. 2008. Strategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Sukses Offset

Harahap, T. H. (2017). Penerapan Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan

Kemampuan Koneksi Matematika Siswa. JURNAL MATHEMATIC

PAEDAGOGIC, 1(2), 152-161.

Harahap, T. H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP)

Terhadap Kemampuan Representasi Matematis. Jurnal MathEducation Nusantara, 3(1),

-39.

Harahap, T. H & Fadilah, F. (2019). Penerapan Model Somatic, Auditory, Visualization,

Intellectually (SAVI) untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika pada Siswa

SMP Muhammadiyah 57 Modern T.P. 2017/2018. Jurnal Dimensi Matematika: Jurnal

Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, volume 2 (edisi 1), hal 118-124

Harahap, T. H., & Khairunnisa, K. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning

dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Muhammadiyah 1 Medan

TP 2018/2019. JURNAL PDS UNP, 1(1), 271-278.

Harahap, T. H & Panggabean, S. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Classwide Peer Tutoring

Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. In Prosiding SiManTap: Seminar

Nasional Matematika Dan Terapan (pp. 95-98).

Istarani. 2014. 50 Model Pembelajaran Inovatif. Medan : Media Persada.

Khairani, Makmum. 2013. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Kesumawati. 2008. Pengertian Pemahaman Konsep Matematika. Diakses dari

http://irwansahaja.blogspot.co.id/2014/06/pengertian-pemahaman-konsepmatematika.html.

Mawar, Bambang. Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Melalui Model Pembelajaran

Connected Mathematics Project (CMP) Berbantu Media Gambar. Diakses dari

http://googleweblight.com/lite_url=http://ejournal.umpwr.ac,id/index/ekuivalen/article/

view/1793.google.co.id.148205993 1pdf?sequence.

Panggabean, S. (2018). Pengaruh Metode Belajar Kumon Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Kelas VII SMP Laks. Martadinata Medan. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan

Pengembangan Kependidikan, 8(2), 37-41.

Panggabean, S., & Harahap, T. H. (2018). Pengaruh Media E-Learning Berbasis Youtube Terhadap

Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Analisis Real Prodi Pendidikan Matematika

FKIP UMSU. In Prosiding SiManTap: Seminar Nasional Matematika Dan Terapan (pp.

-30).

Panggabean, S., & Harahap, T. H. (2020). STUDI PENERAPAN MEDIA KUIS INTERAKTIF

QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN

MATEMATIKA. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 6(1), 78-83.

Panggabean, S., Nasution, E., & Batubara, I. H. (2020). PKM Pelatihan Massive Online Open

Course (Mooc) Berbasis Quizizz Bagi Guru Smp Dan Sma Satu Nusa Yayasan

Abdurrahman Ayun Binjai. IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(2), 238-

JOURNAL MATHEMATICS EDUCATION SIGMA (JMES)

Vol. 2, No. 1, Februari 2021

Panggabean, S., & Sumardi, H. (2018). Pengaruh Metode Drill Terhadap Hasil Belajar Matematika

Siswa SMP Pertiwi Medan. Jurnal Math Education Nusantara, 1(1), 89- 96.

Rusman. 2012. Model Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Cetakan

kelima. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sanjaya. 2009. Pemahaman Konsep Matematis. Diakses dari

http://mediaharja.co.id/2016/11/pemahaman-konsep-matematis.html.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2009). Penilaian hasil belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suhardjono. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Sugihartono dkk. (2007). Psikologi pendidikan.Yogyakarta: UNY Press.

Sumiarti dan Asra. 2013. Metode Pembelajaran. Bandung : CV Wacana Prima

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif. Jakarta : Penerbit Kencana

Winkel. 2004. Pengertian Pemahaman. Diakses dari

http://www.rijal09.com/2016/04/pengertian-pemahaman-konsep.html.




DOI: https://doi.org/10.30596/jmes.v2i1.6746

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.