MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PROJECT BASED LEARNING DI SMA NEGERI 1 BINJAI

Sulaiman Sulaiman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika di kelas XII-IA4 SMA Negeri 1 Binjai Kabupaten Langkat Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII-IA4 SMA Negeri 1 Binjai yang bejumlah 34 siswa. Data penelitian ini merupakan nilai tes hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model Project Based Learning pada pokok bahasan Peluang. Nilai sesudah tindakan diperoleh dari pemberian soal setelah diterapkan model Project Based Learning. Penelitian ini dilakukan melalui 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II, dimana setiap siklusnya mempunyai tahapan-tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada tes awal tingkat ketuntasan belajar siswa diperoleh 23,53% dan pada siklus I meningkat menjadi 52,95%, pada siklus II diperoleh 79,41% dan mengalami peningkatan sebesar 26,46%. Hal ini menunjukkan bahwa setelah menggunakan model Project Based Learning pada pokok bahasan Peluang, hasil belajar matematika siswa mengalami peningkatan.


Keywords


Project Based Learning, Hasil Belajar Matematika, Peluang.

Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal, 2009, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2019. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Renika Cipta, Yogyakarta.

Charyanti, Sudjana, N. 1989. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Sinar Baru Algesindo.

Charyanti, Winataputra, S dan Soekanto, T. 1997. Teori Belajar dan Model-Model Pembelajaran. JakartaL Depdikbud.

Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ibrahim & Suparni. 2008. Strategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Sukses Offset

Hamalik, Oemar, 2016. Proses Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Bumi Aksara

Harahap, T. H. (2017). Penerapan Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa. JURNAL MATHEMATIC PAEDAGOGIC, 1(2), 152-161.

Harahap, T. H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) Terhadap Kemampuan Representasi Matematis. Jurnal MathEducation Nusantara, 3(1), 31-39.

Wirani, N., & Manurung, A. A. (2020). The importance of using a web-based learning model to prevent the spread of covid 19. Al'adzkiya International of Education and Sosial (AIoES) Journal, 1(1), 16-24.

The Influence of Three Stage Fishbowl Decision Learning Method On Mathematical Learning Ability

Design and Simulation of Indonesian Language Application Exam with Mobile-based End User Development Method

Annisa, N., Akrim, A., & Manurung, A. A. (2020). Development Of Teacher's Professional Competency In Realizing Quality Of Human Resources In The Basic School. IJEMS: Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 1(2), 91-95.

Harahap, T. H & Fadilah, F. (2019). Penerapan Model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika pada Siswa SMP Muhammadiyah 57 Modern T.P. 2017/2018. Jurnal Dimensi Matematika: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, volume 2 (edisi 1), hal 118-124

Harahap, T. H., & Khairunnisa, K. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Muhammadiyah 1 Medan TP 2018/2019. JURNAL PDS UNP, 1(1), 271-278.

Harahap, T. H & Panggabean, S. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Classwide Peer Tutoring Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. In Prosiding SiManTap: Seminar Nasional Matematika Dan Terapan (pp. 95-98).

Khairani, Makmum. 2013. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Panggabean, S. (2018). Pengaruh Metode Belajar Kumon Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Laks. Martadinata Medan. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 8(2), 37-41.

Panggabean, S., & Harahap, T. H. (2018). Pengaruh Media E-Learning Berbasis Youtube Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Analisis Real Prodi Pendidikan Matematika FKIP UMSU. In Prosiding SiManTap: Seminar Nasional Matematika Dan Terapan (pp. 25-30).

Panggabean, S., & Harahap, T. H. (2020). STUDI PENERAPAN MEDIA KUIS INTERAKTIF QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 6(1), 78-83.

Panggabean, S., Nasution, E., & Batubara, I. H. (2020). PKM Pelatihan Massive Online Open Course (Mooc) Berbasis Quizizz Bagi Guru Smp Dan Sma Satu Nusa Yayasan Abdurrahman Ayun Binjai. IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(2), 238-247.

Panggabean, S., & Sumardi, H. (2018). Pengaruh Metode Drill Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Pertiwi Medan. Jurnal Math Education Nusantara, 1(1), 89- 96.

Slameto, 2017. Belajar dan Factor- Factor yang Mempengaruinya, Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2018). Penilaian hasil belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Trianto, S.Pd., M.Pd. (2014). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.




DOI: https://doi.org/10.30596/jmes.v2i1.6747

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.