EFEKTIVITAS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 1 PAHAE JAE

Zainal Azis, Suvriadi Panggabean, Hari Sumardi

Abstract


Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah model pembelajaran Realistic Mathematics Education efekif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pahae Jae Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan metode pre- test dan post-test dengan mengambil sampel yang dikelompokkan menjadi dua, yaitu kelompok eksperimen pada kelas VII-1 yang berjumlah 25 siswa dan kelompok kontrol pada kelas VII-3 yang berjumlah 25 siswa. kelompok eksperimen diberikan perilaku dengan menggunakan model Realistic Mathematics Education pada setiap pembelajaran, sedangkan kelompok kontrol hanya diberikan pembelajaran dengan metode ekspositori. Kedua kelompok diberikan tes berupa soal. Dari hasil pre-test dengan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 39,2 dan kelas kontrol 37,6. Sedangkan dari hasil post-test dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 80,2 dan kelas kontrol 61,4. Berdasarkan hasil yang diperoleh terlihat perbedaan antara kelas eksperimen dan kontrol. Pada hasil uji normalitas menunjukkan data pre-test kelas kontrol diperoleh nilai Lo(0,153) < Ltabel(0,172) dan post-test diperoleh Lo(0,171) < Ltabel(0,172) dan data pre-test kelas eksperimen Lo(0,164) < Ltabel(0,172) dan post-test Lo(0,110) < Ltabel(0,172) menunjukkan data berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh nilai pre- test dan post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka hasil nilai pre-test kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu Fhitung(1,03) < Ftabel(1,98) dan hasil uji homogenitas post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu Fhitung(1,20) < Ftabel(1,98). Disimpulkan bahwa pre-test dan post-test terhadap hasil belajar matematika kelas kontrol dan kelas eksperimen homogen menggunakan model Realistic Mathematics Education lebih efektif dibandingan kegiatan pembelajaran menggunakan model Ekspositori pada siswa SMP Negeri 1 Pahae Jae T.P 2020/2021.


Keywords


Efektivitas, Realistic Mathematics Education, Hasil Belajar Matematika

Full Text:

PDF

References


Akhmad, Adila, Puspa, Ghevani. Masriyah. 2014. Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs) Pada Materi Persamaan Linier Satu Variabel Di Kelas VII-A SMP Negeri Lamongan. Jurnal Pendidikan Matematika. 3(2) : 98

Amri, Sofan. 2016. Pengembangan & Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Afandi, Muhammad. Chamalah, Evi. Wardani, Puspita, Oktarina. 2013. Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. Semarang: UNISSULA PRESS.

Azis, Zainal, and Herman Mawengkang. 2017. Time Dependent Heterogeneous Vehicle Routing Problem for Catering Service Delivery Problem. Journal of Physics: Conference Series 890(1).

Batubara, Ismail Hanif. 2019. Improving Students Critical Thinking Ability Through Guided Discovery Learning Methods Assisted by Geogebra. International Journal for Educational and Vocational Studies 1(2): 68. https://ojs.unimal.ac.id/index.php/ijevs/article/view/1371.

Edam, Septiana, Nia. Pengemanan, Sofia. Kairupan, Josef. 2018. Efektivitas Program Cerdas Command Center Sebagai Media Informasi Masyarakat Dalam Rangka Pelayanan Publik. Jurnal Jurusan Ilmu Pengetahuan. 1(1) : 1-2.

Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Harahap, Novita, Chintya. 2019. Efektivitas Model Auditory Intellectually Repetition Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Smp Istiqlal Deli Tua T.P 2019/2020. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Harahap, T. H. (2017). Penerapan Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa. JURNAL MATHEMATIC PAEDAGOGIC, 1(2), 152-161.

Harahap, T. H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) Terhadap Kemampuan Representasi Matematis. Jurnal MathEducation Nusantara, 3(1), 31-39.

Harahap, T. H & Fadilah, F. (2019). Penerapan Model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika pada Siswa SMP Muhammadiyah 57 Modern T.P. 2017/2018. Jurnal Dimensi Matematika: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, volume 2 (edisi 1), hal 118-124

Harahap, T. H., & Khairunnisa, K. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Muhammadiyah 1 Medan TP 2018/2019. JURNAL PDS UNP, 1(1), 271-278.

Harahap, T. H & Panggabean, S. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Classwide Peer Tutoring Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. In Prosiding SiManTap: Seminar Nasional Matematika Dan Terapan (pp. 95-98).

Istarani. Pulungan, Intan. 2018. Ensiklopedia Pendidikan. Medan: Media Persada.

Kristanti, Dian. Riyana. 2016. Efektivitas Metode Pembelajaran Discvery Learning Pada Pokok Bahasan Kubus Dan Balok Terhadap Hasil Belajar.

Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Model Meulaboh. Jurnal Pendidikan Matematika. 3(1) : 10- 24

Panggabean, S. (2018). Pengaruh Metode Belajar Kumon Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Laks. Martadinata Medan. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 8(2), 37-41.

Panggabean, S., & Harahap, T. H. (2018). Pengaruh Media E-Learning Berbasis Youtube Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Analisis Real Prodi Pendidikan Matematika FKIP UMSU. In Prosiding SiManTap: Seminar Nasional Matematika Dan Terapan (pp. 25-30).

Panggabean, S., & Harahap, T. H. (2020). STUDI PENERAPAN MEDIA KUIS INTERAKTIF QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 6(1), 78-83.

Panggabean, S., Nasution, E., & Batubara, I. H. (2020). PKM Pelatihan Massive Online Open Course (Mooc) Berbasis Quizizz Bagi Guru Smp Dan Sma Satu Nusa Yayasan Abdurrahman Ayun Binjai. IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(2), 238-247.

Panggabean, S., & Sumardi, H. (2018). Pengaruh Metode Drill Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Pertiwi Medan. Jurnal Math Education Nusantara, 1(1), 89- 96.

Rusman. 2012. Model Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Cetakan kelima. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Shoimin, Aris. 2014. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, cv. Sugiyono. 2011. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, cv.

Susilowati, Endang. 2018. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa SD Melalui Model Realistic Mathematics Education (RME) Pada Siswa kelas IV Semester 1 Di SD Negeri 4 Kradenan Kecamatan kradenan Kabupaten Grobongan Tahun Pelajaran 2017/2018. 4(1) : 46

Wandini, Rora, Rizki. 2019. Pembelajaran Matematika Untuk Calon Guru MI/SD. Medan: CV. Widya Puspita.

Wahyuddin. Nurcahaya. 2018. Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pembelajaran Aktif Tipe Everyne Is Teacher Here (ETH) Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Takalar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. 2(1): 84-98 .




DOI: https://doi.org/10.30596/jmes.v2i1.6751

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.