PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA

Metrilitna Br Sembiring, Dhia Octariani, Isnaini Halimah Rambe

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran matematika terhadap keterampilan metakognitif siswa. Populasi pada penelitian ini sebanyak 30 siswa di salah satu SMA swasta di kota Medan dengan teknik purposive sampling. Metode dalam penelitian ini eksperimen semu. Desain yang digunakan nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan angket respon siswa pada akhir pembelajaran. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas data dan uji Homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier ganda. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa model pemebalajaran matematika berpengaruh positif terhadap keterampilan metakognitif, hasil ini dapat dilihat dari nilai koefisien regresi dari masing-masing bernilai positif, seperti yang terlihat pada persamaan regresi linier ganda: Y =. Model Pembelajaran Problrm based learning (PBL) terhadap Keterampilan Metakognitif dengan regresi dengan thitung = 11,385 dan tingkat signifikasi 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan metakognitif siswa. Koefisien determinasinya adalah r2 = 0,400.


Keywords


Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Keterampilan Metakognitif

Full Text:

PDF

References


Adita, Ery Riani dan Utiya Azizah. 2016. Keterampilan Metakognitif Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Pokok Laju Reaksi Di SMAN 1 Manyar Gresik Kelas XI. UNESA Journal Of Chemical Education. ISSN 2252-9454 Vol 5 No 1 : 143-151.

Arends, Richald I. 2012. Learning to Teach (9th ed). New Yoek : The McGraw-Hill Companies, Inc.

Arifah, Murni. 2017. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Metakognitif Siswa Pada Materi Hidrolisis Garam. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Baharudin dan Wahyuni, Esa Nur. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Danial, Muhamad. 2010. Pengaruh Strategi PBL terhadap Keterampilan Metakognisi dan Respon Wisuda. Jurnal Chemica, Vol 11 No 2 : 9-10

Delvecchio. 2011. Students Use Metacognitive Skills While Problem Solving In School Chemistry. (Tesis). Queens University, Canada.

Downing, K. 2010. Problem Based Learning and Metacognitive. Asian Journal on Education and Learning. 1(2). 75-96.

Flavell, j. H.1979. Metacognition and Cognitive Monitoring: A New Area of Cognitive-Developmental Inquiry. Americant Psychologist, 34(10), 906-922.

Livingston, J.A. 2003. Metacognition : an overview. Washington DC : ERIC

Tan, Oon-Seng. 2004. Enhancing Thinking through Problem Based Learning Approach: International Perspectives. Singapore : Cengage Learning

Veenam, Marcel V.J. 2012. Metacognition in Science Education : Definition,Constituents, and Their Intricate Relation with Cognition. Dalam Zohar, A. dan Dori. Y. J. (Eds). Metacognition in Science Education : trends in current research. Dordrecht : Springer

Williams, J. P., dan Atkins, J. G. 2009. The role of metacognition in teaching reading comperhension to primary students. Dalam D. J. Hacker, J. Dunlosky, dan A. C. Graeser (Eds). Hanbook of metacognition in education : trends in current research. Dordrecht : Springer.




DOI: https://doi.org/10.30596/jmes.v2i1.6874

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.