Penerapan Model Problem Based Learning dan Etnomatematik Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis

Atika Erlina Nasution, Irvan Irvan, Ismail Hanif Batubara

Abstract


Dari studi pendahuluan diperoleh data bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa masih rendah. Salah satu cara meningkatkannya adalah dengan menerapkan model Problem Based Learning dengan Ethomatematics berbantuan Geogebra. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengikuti perbedaan kemampuan komunikasi siswa yang diberi pembelajaran problem based learning dengan etnomatematik menggunakan geogebra dengan siswa yang diberi pembelajaran problem based learning tanpa geogebra. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 2 Medan. Anacova menjadi teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Konstanta persamaan garis regresi linier untuk kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen I yaitu 35,72 lebih besar dari persamaan konstanta persamaan garis regresi linier kelas eksperimen II yaitu 28,48. Dengan kata lain, dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran problem based learning dengan etnomatematiks menggunakan geogebra secara signifikan lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran problem based learning dengan etnomatematik tanpa menggunakan geogebra.


Keywords


Kemampuan komunikasi, Problem Based Learning, Ethnomatematics, Geogebra

Full Text:

PDF

References


Alwisol, 2010.Psikologi Kepribadian, Malang: UMM Press.

Arends, Richard I. 2008. Learning To Teach Seventh Edition. Yogyakarta:Pustaka Belajar

Batubara, IH. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Autograph Dan Geogebra Di Sma Freemethodist Medan. Journal of Mathematics Education and Science. Vol (3) 47-54. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/view/219

Batubara, IH. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Autograph Dan Geogebra Di Sma Freemethodist Medan, Kumpulan Jurnal Dosen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, V(6), 97-104. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/kumpulandosen/article/view/1368

Batubara, IH. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa, Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan. Vol 1 (2) 45-53. http://journal.umsu.ac.id/index.php/biblio/article/view/2077

Batubara, IH. (2019). Improving students critical thinking ability through guided discovery learning methods assisted by geogebra.International Journal for Educational and Vocational Studies. Vol 1 (2) 116-119. https://ojs.unimal.ac.id/ijevs/article/view/1371

Batubara, IH. (2019). Peningkatan Kualitas Pengajaran Melalui Software Geogebra. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer 1 (3), 1-6. https://mail.widyabhakti.stikom-bali.ac.id/index.php/widyabhakti/article/view/95

Hohenwarter, M., & Prenier, J. 2007. Dynamic Mathematics with Geogebra journal of Online Mathematics and its Applications ID 1448, volume 7, Maret 2007.

Hohenwarter, M., et al. 2008. Teaching and Learning Calculus with free Dynamic mathematics software Geogebra. https;//archive.Geogebra.org/static/publictions/2008 ICME-TSG16-Calculus-GeoGebra-Paper.pdf.

Hirdayanti, Asria. 2017. Penerapan model problem based learning (PBL) terhadap Kemampuan komunikasi dan kemampuan pemecahan Masalah matematika siswa sekolah menengah pertama Lubuklinggau. J. Pendidik. Mat. Raflesia, vol. 2, no. 2, pp. 118129, 2017, [Online]. Available: ttps://dx.doi.org/10.31186/jpmr.v2i2.3696.

I. W. E. Mahendra. 2017. Project Based Learning Bermuatan Etnomatematika Dalam Pembelajar Matematika. JPI (Jurnal Pendidik. Indonesia)., vol. 6, no. 1, pp. 106114, 2017, doi: 10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9257.

Laurens, Theresia. 2016. Analisis Etnomatematika dan Penerapannya dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Sumatera Barat: STKIP PGRI. Volume 3, Nomor 1, juni 2016.

M. Noprianda, M. F. Noor, and Z. Zulfiani. 2019. Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Sains Teknologi Masyarakat Pada Konsep Virus. Edusains, vol. 8, no. 2, pp. 182191, 2019, doi: 10.15408/es.v8i2.3892

Mahendra, I Wayan Eka. 2017. Project Based Learning Bermuatan Etnomatematika Dalam Pembelajar Matematika.Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 6.No 1

Mushlihuddin, R. (2018). The effectiveness of problem-based learning on students problem solving ability in vector analysis course. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 948, No. 1, p. 012028). IOP Publishing.

Putri, Linda I. 2007. Eksplorasi Etnomatematika Kesenian Rebana Sebagai Sumber Belajar Matematika Pada Jenjang MI. Jurnal Ilmiah: Semarang Volume IV< Nomor 1, Tahun 2017.

Rachmawati, Inda. 2012. Eksplorasi Etnomatematika Masyarakat Sidoarjo, E-jurnal UNESA, Volume 1, Nomor 1.

Riyanto, Theo. 2002. Pembelajaran Sebagai Proses Bimbingan Pribadi. Jakarta:Grasindo.

Sariningsih, R & Purwasih, R. 2017. PembelajaranProblem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Efficacy Mahasiswa Calon Guru. Cirebon: Unswagati. Volume 1, Nomor 1, maret 2017. ISSN: 2549-4937.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Supriadi. 2010. Pembelajaran Etnomatematika dengan Media Lidi drlam Operasi Perkalian Matematika Untuk Meningkatkan Karakter Kreatif dan Cinta Budaya Lokal. Jutnal Seminar Nasional STKIP Siliwangi. Serang: Sekolah Pascasarjana UPI.

Sutirman. 2013. Media & Model-Model Pembelajaran Innovatif. Yogyakarta:Graha Ilmu.

Wahyuni, Astri.,Wedaring, Ayu A., dan Sani, Budiman. 2013. Peran Etnomatematika dalam Membangun Karakter Bangsa. Makalah semibar Nasional Matematika FMIPA UNY, Yogyakarta: UNY.

Waluyo, Mohammad. 2016. Penggunaan Software Geogebra Pada Materi Persamaan Garis (Pelatihan Untuk Guru-Guru SMP MUhammadiyah Sukoharjo).https://Publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/7634/10.pdf/sequence=1.

Wiratmaja, C. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Self-Efficacy Dan Emotional Intelligence Siwa SMA. E-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA. Vol-4.

Wiryanto. 2005.Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Grasindo.

Zulmaulida,Rahmi,Saputra,Edy.2014. Pengembangan Bahan Ajar Program Linear Berbantuan Lindo Softw are, Bandung STKIP Siliwangi, volume 2,Tahun 2014. ISSN:2338-8315.




DOI: https://doi.org/10.30596/jmes.v1i1.7506

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.