Efektifitas Model Pembelajaran ARCS Dan ARIAS terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa

Riefni Diana Lubis, Ida Karnasih, Irvan Irvan

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui (1) Apakah kemampuan pemecahan masalah dengan menggunakan model ARCS dan ARIAS efektif dalam mencapai ketuntasan klasikal; (2) Apakah ada pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa; (3) Apakah ada pengaruh KAM dan model pembelajaran secara simultan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Popolasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP N 1 Percut Sei Tuan tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 9 kelas, sedangkan sampel penelitian diambil dua kelas secara acak. Kelas eksperimen I diberikan perlakukan dengan menggunakan model pembelajaran ARCS dan kelas eksperimen II diberikan perlakukan dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematika Analisis data dilakukandenganuji MANCOVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan pemecahan masalah menggunakan model ARCS dan ARIAS efektif memenuhi ketuntasan klasikal dengan nilai rata-rata sebesar 70; (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran ARCS dan ARIAS terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa sebesar 95,5%; (4) terdapat pengaruh KAM dan model pembelajaran ARCS dan ARIAS secara simultan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.


Keywords


ARCS, ARIAS, Kemampuan Pemecahan Masalah

Full Text:

PDF

References


Amalia, E., Surya, E., & Syahputra, E. (2017). The effectiveness of using problem based learning (PBL) in mathematics problem solving ability for junior high school students. International Journal of Advance Research and Innovative Ideas in Education, 3(2), 3402-3406.

Arikunto, S. 2007. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan.Edisi revisi VII. Bumi Aksara :Jakarta

Asiani A, dkk. 2017. Penerapan Model ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, AND SATISFACTION (ARCS) untuk Meningkatkan Motivasi danHasil BelajarSiswa Kelas x Pemasaran 1 SMK Negeri 1 Surakarta TahunPelajaran 2016/2017. JURNAL PENDIDIKAN BISNIS DAN EKONOMI.Vol 3, No 1 (2017). UNS: Surakarta.

Ayu I. 2017.Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di SMK TumaninahYasin Metro. Jurnal SAP Vol. 1 No. 2 Desember 2016. ISSN: 2527-967X UNINDRA : Jakarta.

Batubara, IH. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Autograph Dan Geogebra Di Sma Freemethodist Medan. Journal of Mathematics Education and Science. Vol (3) 47-54. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/view/219

Batubara, IH. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Autograph Dan Geogebra Di Sma Freemethodist Medan, Kumpulan Jurnal Dosen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, V(6), 97-104. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/kumpulandosen/article/view/1368

Batubara, IH. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa, Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan. Vol 1 (2) 45-53. http://journal.umsu.ac.id/index.php/biblio/article/view/2077

Buto, Z. A. 2010. Implikasi Teori Pembelajaran Jerome Bruner Dalam Nuansa Pendidikan Modern. Millah Jurnal Studi Agama.ISSN : 1412-0992(p) 2527-922X (e). UII : Yogyakarta

Cahyani H, Setyawati, R.W. 2016. Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA.PRISMA (Prosiding Seminar Nasional Matematika X 2016.ISSN 2613-9189.UNNES : Semarang

Depdiknas, 2003.Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika SMp dan MTs.Depdiknas Jakarta.

Gani, F. A. 2014. Penerapan Teori Bruner untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VA SD Al-Khairaat 1 Palu pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Berbeda Penyebut. AKSIOMA Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 01 Nomor 02, September 2014. ISSN: 1412-4505. Universitas Tadulako :Palu

Hamzah, 2014.Evaluasi Pembelajaran Matematika. PT. Raja Grafinfo Persada : Jakarta.

Kartikasari, D.A, Rahayu W. 2018. Pemahaman Matematika:Penerapan Model ARCS dan penilaian Kinerja. JUrnal Evaluasi Pendidikan. Vol. 9 No. 1 Maret 2018.ISBN. 2086-7425(e) 2620-3073(p) UNJ : Jakarta

Khairunnisa, 2016, Pengaruh Model Pembelajaran Arias (Assurance,Relevance, Interest, Assessment Dan Satisfaction) . Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IV SD N 2 Campang Raya Bandar Lampung Tp. 2016/2017,Fakultas Tarbiyah Dan KeguruanInstitut Agama Islam Negeri (IAIN)Raden Intan Lampung.

Lestari,Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction) terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII SMPN 1 Sungguminasa Kab. Gowa. JURNAL MATEMATIKA DAN PEMBELAJARAN (M a P a n). VOL. 5 NO. 1, JUNI 2017. Print ISSN: 2354-6883 Online ISSN: 2581-172X. UIN Alaudun :Makasar

Maftukhah, N.A. 2018. Analisis Kecerdasan Emosional Siswa Terhadap Kemampuan Problem Solving Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama .Jurnal AlHikmah vol. 6 no. 2 Oktober 2018. Print ISSN : 2088-2556Online ISSN : 2502-6100,. STAI Al-Hikmah :Tuban.

Maharani, A. 2014.Mengenal Kecerdasan Emosional dalam Pembelajaran Matematika. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol. 2 No.1. Januari 2014.ISSN cetak : 2303-3983 ISSN eletronik: 2548-3994. Universitas Pekalongan :Pekalongan.

Muflihin, M. H. 2019. Aplikasi dan Implikasi Teori Behaviorisme dalam Pembelajaran (Analisis Strategis Inovasi Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Kependidikan Khasanah Pendidikan.Vol I No 2 Maret 2009.ISSN :1979-6668,UMP : Purwokerto.

Mushlihuddin, R. (2018). The effectiveness of problem-based learning on students problem solving ability in vector analysis course. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 948, No. 1, p. 012028). IOP Publishing.

Peni, N., Carvallo, L., & Priska, M. (2020). Problem Solving Learning Model By Integrating ARCS Motivation Strategies On Acid-Base Subjects. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 9(2).

Purnamasari I, dkk. 2017. Penerapan StrategiPembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika SiswaKelas VII C SMP Negeri 16 Surakarta TahunAjaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika SOLUSI, Vol. 1, No. 1, Januari 2017.UNS : Surakarta.

Ramadhani, K & Azis, Z. 2020. Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMK PAB 2 Helvetia Medan TP 2019/2020. Journal Mathematics Education Sigma [JMES]

Widianti, w. Model pembelajaran arias (assurance, relevance, interest, assesment, satisfaction) berbantuan star math berbasis mobile learning untuk meningkatkan minat belajar matematis siswa smp. Universitas singaperbangsa karawang




DOI: https://doi.org/10.30596/jmes.v1i1.7507

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.