ANALISIS KUALITAS DAN TINGKAT KOGNITIF SOAL MATEMATIKA PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) GANJIL KELAS IX DI SMP N 10 KOTA BENGKULU TAHUN 2020/2021

Nida Azizah, Hanifah Hanifah, Hari Sumardi

Abstract


untuk mengetahui Tingkatan Kognitif dan kualitas pada sebaran soal matematika penilaian akhir semester ganjil kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Bengkulu tahun ajaran 2020/2021. Berdasarkan taksonomi Bloom revisi terdapat 6 tingkat proses kognitif, yaitu mencakup tingkat kognitif Mengingat(C1), Memahami (C2), Mengaplikasikan (C3), Menganalisis (C4), Mengevaluasi (C5), dan Mencipta (C6). Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yakni menggunakan metode dokumentasi yaitu dengan mengambil soal dan data PAS peserta didik kelas VIII Semester Ganjil SMP N 10 Kota Bengkulu tahun 2020/2021. Hasil penelitian ini berdasarkan kualitas menunjukkan bahwa terdapat 6 soal (30%) yang valid dan 14 soal (70%) yang tidak valid. Reliabilitas diperoleh nilai yang sedang, yaitu sebesar 0,49. Tingkat kesukaran diperoleh bahwa soal yang termasuk kategori sukar sebanyak 7 soal (35%) dan untuk kategori sedang sebanyak 13 soal (65%). Daya beda soal yang termasuk dalam kategori baik sebanyak 3 soal (15%), dalam kategori sedang 6 soal (30%) dan dalam kategori kurangg baik sebanyak 11 soal (55%).Kemudian, berdasarkan taksonomi Bloom revisis soal memuat kategori tingkat kognitif Memahami (C2) sebanyak 2 soal (10%), Mengaplikasikan (C3) sebanyak 16 soal (80%), dan Menganalisis (C4) sebanyak 2 soal (10%). Berdasarkan hasil analisis tingkat kognitif dan kualitas soal Penilaian Akhir Semester belum memenuhi kriteria soal yang baik.

Keywords


Soal Penilaian Akhir Semester Ganjil, Taksonomi Bloom, Kualitas Soal, Tingkat Kognitif

Full Text:

PDF

References


Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2010). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengetahuan dan Asesmen. Yogyakarta:Pustaka Belajar.

Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran (Cetakan 7). Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. PT Bumi Aksara

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Djaali. 2020. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Hendriana, H., & Soemarmo, U. (2014). Buku Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Nuswowati, M., A. Binadja, Soeprodjo & K. E. N. Ifada. 2010. Pengaruh Validitas dan Reliabilitas Butir Soal Ulangan Akhir Semester Bidang Studi Kimia terhadap Pencapaian Kompetensi. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 4(1): 566-573

Sudijono, A. (2013). Pengantar Evaluasi Pendidikan (Cetakan 13). Jakarta:PT Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. (2019). Statistika Untuk Penelitian. Bandung:Alfabeta cv.

Suzana, A. (2018). Jurnal MathGram Matematika , Vol 2 No 2 Oktober 2017 Analisis Tingkat Kesukaran dan Daya Beda Butir-Butir Soal Penilaian Akhir Tahun Matematika Kelas X di SMA Negeri 1 Purbalingga Penilaian pengetahuan ( KI-3 ) berdasarkan kurikulum 2013 dilakukan dengan. MathGram Matematika, 2(2), 18.

Syarifah, L. L., Yenni, & Dewi, W. K. (2020). Analisis Soal-Soal pada Buku Ajar Matematika Siswa Kelas XI ditinjau dari Aspek Kognitif. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(02), 12591272.




DOI: https://doi.org/10.30596/jmes.v2i2.7936

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.