ANALISIS TINGKAT KOGNITIF SOAL BUKU MATEMATIKA TERBITAN KEMENDIKBUD BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI

Romadhon Adji Pangestu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sebaran tingkat kognitif pada soal Latihan dan uji kompetensi dalam bukuMatematika Kurikulum 2013 Revisi 2017 SMP Kelas VIII Semester 2 Materi Bangun Ruang Sisi DatarTerbitan Kemendikbud Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Taksonomi Bloom revisi yang digunakan ialah pada dimensi proses kognitif yang meliputi: mengingat (C1), memahami (C2), mengaplikasikan (C3), menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6).Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif.Sumber data dalam penelitian ini adalah soal Latihan dan Uji Kompetensi dalam bukuMatematika Kurikulum 2013 Revisi 2017 SMP Kelas VIII Semester 2 Materi Bangun Ruang Sisi DatarTerbitan Kemendikbud.Soal latihan 98 soal dan Uji Kompetensi berjumlah 38 soal. Pada soal latihan Materi bangun ruang sisi datar memiliki tingkat kognitif memahami (C2) sebanyak 5 pertanyaan (5,1%), mengaplikasikan (C3) sebanyak 75 pertanyaan (76,53%), dan menganalisis (C4) sebanyak 17 pertanyaan (17,35%), dan (C6) sebanyak 1 pertanyaan (1,07%), Soal tersebut didominasi oleh tingkat kognitif mengaplikasikan (C3). Pada soal Uji Kompetensi Materi bangun ruang sisi datar memiliki tingkat kognitif memahami (C2) sebanyak 1 pertanyaan (2,63%), mengaplikasikan (C3) sebanyak 34 pertanyaan (89,47%), dan menganalisis (C4) sebanyak 2 pertanyaan (5,27%), dan Mengevaluasi (C5) sebanyak 1 pertanyaan (2,65%).Soal tersebut didominasi oleh tingkat kognitif mengaplikasikan (C3).

Keywords


Kelas VIII, Analisis Tingkat Kognitif, Matematika,

Full Text:

PDF

References


Anderson. (2001). a taksosonomi bloom for learning,teaching and assasing a refisision of bloom taxonomy of education objectives . New York : longman.

Bachri, B. S., Pendidikan, T., & Pendidikan, F. I. (2010). Meyakini Validitas Data Melalui Triangulasi pada Penelitian Kualitatif . Jurnal Teknologi Pendidikan. 10 (1. 55)

Bagyono. (2017). Analisis Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda Butir Soal Ujian Pelatihan Radiografi Tingkat 1. Jurnal Pendidikan Matematika.16(1)

Effendi, R. (2017). Konsep Revisi Taksonomi Bloom Dan Implementasinya Pada Pelajaran Matematika Smp. JIPMat, 2(1).

Helmawati. (2019). Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Jakni. (2016). Metodologi Penelitian Eksperimen bidang pendidikan. Bandung : Alfabeta

Kemendikbud. (2014). Peraturan Mendikbud Nomor 58 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama (SMP) / Madrasah Tsanawiyah (MTs). Jakarta : Kemendikbud.

Maemunah, S., dan Ramlah. (2019). Analisis buku teks siswa SMP kelas VIII pokok bahasan teorema pythagoras ditinjau dari taksonomi bloom. Prosiding Sesiomadika, 2(4), 903922.

Nuraini, I. L., Harahap, E., Badruzzaman, F. H., & Darmawan, D. (2017).Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis Dengan GeoGebra. Matematika, 16(2), 16.

Siyoto. (2015). Dasar Metodologo Penelitian. Literasi Media Publishing

Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Yahfenel Evi Fussalam, E. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 (K13) SMP Negeri 2 Sarolangun. Jurnal Muara Pendidikan, 3(1), 45




DOI: https://doi.org/10.30596/jmes.v2i2.7938

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.