ANALISIS TINGKAT KOGNITIF SOAL MATEMATIKA KELAS VIII BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI

Novi Rikawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebaran tingkat kognitif soal latihan dan soal uji kompetensi materi sistem persamaan linier dua variabel pada buku teks matematika terbitan kemendikud revisi 2017 kelas VIII SMP semester 1 berdasarkan taksonomi Bloom revisi. Taksonomi Bloom revisi yang digunakan yaitu pada dimensi proses kognitif yang terdiri dari: mengingat (C1), memahami (C2), mengaplikasikan (C3), menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian pada penelitian ini adalah soal latihan dan soal uji kompetensi materi sistem persamaan linier dua variabel pada buku teks matematika Kelas VIII Semester 1 terbitan Kemendikbud edisi revisi 2017. Soal latihan yang dianalisis sebanyak 40 pertanyaan dan soal uji kompetensi sebanyak 20 pertanyaan. Pada soal latihan memiliki tingkat kognitif memahami (C2) sebanyak 9 pertanyaan (22,5%), mengaplikasikan (C3) sebanyak 26 pertanyaan (65%), dan menganalisis (C4) sebanyak 5 pertanyaan (12,5%), serta tidak ditemukan tingkat kognitif mengingat (C1), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Sedangkan pada soal uji kompetensi memiliki tingkat kognitif memahami (C2) sebanyak 2 pertanyaan (10%), mengaplikasikan (C3) sebanyak 18 pertanyaan (90%), serta tidak ditemukan tingkat kognitif mengingat (C1), menganalisi (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Sehingga, didapat bahwa sebaran tingkat kognitif soal latihan dan soal uji kompetensi materi sistem persamaan linier dua variabel belum bervariasi atau belum proporsional.

Keywords


Tingkat Kognitif, Taksonomi Bloom, Soal.

Full Text:

PDF

References


Anderson Lorin W. dan Krathwohl David R. (2010). Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. (terj. Agung Prihantoro). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Ariyana dkk. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientsi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Yogyakarta: Kemendikbud.

Effendi, R. (2017). Konsep Revisi Taksonomi Bloom Dan Implementasinya Pada Pelajaran Matematika Smp. JIPMat, 2(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1483

Giani, G., Zulkardi, Z., & Hiltrimartin, C. (2015). Analisis Tingkat Kognitif Soal-Soal Buku Teks Matematika Kelas VII Berdasarkan Taksonomi Bloom. Jurnal Pendidikan Matematika, 9, 2.

Helmawati. (2019). Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS. Bandung:PT Remaja Rosdakarya

Maemunah, S., dan Ramlah. (2019). Analisis buku teks siswa SMP kelas VIII pokok bahasan teorema pythagoras ditinjau dari taksonomi bloom. Prosiding Sesiomadika, 2(4), 903922.

Paicasari, N. N. Y., Sarjana, K., Kurniawan, E., & Azmi, S. (2021). Analisis soal uji kompetensi pada buku paket matematika siswa kurikulum 2013 untuk SMP / MTs kelas VII semester 1 ditinjau dari taksonomi Bloom. 1(2), 99105.

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. (D. Wijaya, Ed.). Semarang. Gg, Perkutut No.325-B Jl Baturetno Banguntapan Jogjakarta: DIVA Press.

Raditya, A., & I, R. S. F. (2019). Analisis Soal PLSV pada Buku Ajar Matematika di Indonesia Tahun 1994 Sampai 2019. Phenomenon, 09(2), 232245.

Saepulloh, A. R., Sumarna, N., & Permana, T. (2016). Studi Tentang Ketercapaian Standar Uji Kompetensi Siswa Dalam Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Di SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, 3(2), 154. https://doi.org/10.17509/jmee.v3i2.4544

Siagian. M. D. (2017). Pembelajaran Metematika Dalam Persfektif Konstruktivisme. Jurnal Pendidikan Islam dan teknologi Pendidikan. 7(2)

Sugiyono. (2019). Statistik Untuk Penelitian (30th ed.). Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.30596/jmes.v2i2.7939

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.