PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BOOKLET PADA POKOK BAHASAN PYTHAGORAS UNTUK SISWA SMP

Nugraheni Sunu Sumunar Utami, Tua Halomoan Harahap

Abstract


Bahan ajar merupakan hal yang penting untuk digunakan bagi guru dan siswa dalam proses pembelajaran, bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik siswa, kurikulum, dan memiliki desain sesuai dapat menarik perhatian siswa untuk menggunakan bahan ajar dalam proses pembelajarannya. Peneitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bahan ajar Booklet pada pokok bahasan Pythagoras untuk siswa SMP. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE dengan tahap Analysis (analisis), Design (desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (evaluasi), tetapi karena keterbatasan waktu maka penelitian ini dilakukan hanya sampai pada tahap Pengembangan (Development). Hasil pada penelitian ini berupa bahan ajar Booklet pada pokok bahasan Pythagoras untuk siswa kelas VIII SMP. Bahan ajar yang dikembangkan peneliti memenuhi kriteria Sangat Baik atas dasar skor penilaian perangkat penilaian, validasi ahli materi, dan validasi ahli media oleh 2 orang dosen ahli dan satu guru matematika berturut-turut dengan skala 5. Dilakukan juga uji coba kelas kecil pada 10 orang siswa menunjukkan hasil sebesar dengan kategori Sangat Baik.

Kata kunci: Bahan Ajar Booklet, Pythagoras, ADDIE

Keywords


Bahan Ajar Booklet, Pythagoras, ADDIE

Full Text:

PDF

References


Amalia, Nur Ika, Yuniawatika, & Tri Murti. 2020. Pengembangan E-Booklet Berbasis Karakter

Kemandirian dna Tanggung Jawab Melalui Aplikasi Edmodo Pada Materi Bangun Datar.

Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. 3. 282-291.

Anderson, Ronald H. 1987. Pemilihan dna Pengembangan Media Untuk Pembelajaran. Jakarta: Rajawali

Anggoro, Bambang Sri. 2015. Pengembangan Modul Matematika Dengan Strategi Problem Solving untuk

Mengukur Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Al-Jabar Jurnal

Pendidikan Matematika 6. 2.122-129.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakata: Rineka Cipta.

Azis, Z., Panggabean, S., Sumardi, H., Matematika, P. P., Muhammadiyah, U., Utara, S., Matematika, P.

P., Bengkulu, U., Education, R. M., Matematika, H. B., & Pendahuluan, I. (2021). EFEKTIVITAS

REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

SISWA SMP NEGERI 1 PAHAE JAE. Journal Mathematics Education Sigma, 2(1), 1924.

Batubara, I. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK

MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA.

Journal Mathematics Education Sigma, 1(1), 2428.

http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/jmes/article/view/4015

Batubara, I. H. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Model Pembelajaran

Berbasis Masalah Berbantuan Autograph dan Geogebra di SMA Free Methodist Medan. Kumpulan

Jurnal Dosen UMSU: Wahana Inovasi, 6(1), 97104. https://penelitian.uisu.ac.id/wpcontent/uploads/2017/09/12.-Ismail-Hanif-Batubara.pdf

Batubara, I. H. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Metode Penemuan

Terbimbing Berbantuan Software Geogebra Pada Mata Kuliah Kalkulus Peubah Banyak Di Fkip

Umsu. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 4(2), 152159.

https://doi.org/10.30743/mes.v4i2.1291

Batubara, I. H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar

Pengembangan Silabus Pembelajaran Matematika pada Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Penelitian,

Pendidikan Dan Pengajaran, 1(2), 1317.

Batubara, I. H., & Ammy, P. M. (2018). Kata Kunci: Kretivitas, Hasil Belajar, Model Pembelajaran

Berbasis Masalah. BIBLIO COUNS, 1(2), 4353.

https://doi.org/https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v1i2.2077

Batubara, I. H., Nasution, I. S., & Afifah, N. (2020). Peningkatan Kualitas Pengajaran Melalui Software

Cabri 3D Pendahuluan. PROKMAS: Jurnal Hasil Pengabidian Kepada Masyarakat, 4(2), 16.

http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas/article/view/6311

Budiman, Heri & Ramadhani, Sendi. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Matematika SMA Berbasis

Geogebra Versi Android. Jurnal Science Tech. 3.75-80.

Caeruman, Uwes Anis. 2015. Instrumen Evaluasi Media Pembelajaran. Pusat Teknologi Informasi dna

Komunikasi Pendidikan: Keentrian Pendidikan dna Kebudayaan

Chairani, Z. 2016. Kecerdesan Dna Kreatifitas Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Math Didactic:

Jurnal Pendidikan Matematika. 2(2): 101-102.

Dachi, Surya Wisada. 2018. Upaya Pengembangan Materi Ajar Berbasis Media Instructional Dalam

Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Prodi Pendidikan Matematika FKIP

UMSU. Jurnal EduTech. 4. 69-73

Delima, Dinda Sri. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Materi Matriks Pada Siswa

MAS Al-Washliyah 22 Tembung T.P 2017/2018. Skripsi Tidak di Terbitkan. Medna:

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Djamarah, S B. & Zain, A. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Effendy, O U. 2017. Ilmu Komunikasi Teori dna Praktek. Bandung: Rosda Karya

Emzir. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dna Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Fuadi, R. Johar, R. & Munzir, S. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemahaman dna Penalaran Matematis

melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Ddaktika Matematika. 3(1): 47.

Gazali, Rahmita Yuliana. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Untuk Siswa SMP Berdasarkan

Teori Belajar Ausubel. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika. 11. 182-192

Gustaning, Guni. 2014. Pengembangan Media Booklet Menggambar Macam-Macam Celana Pada

Kompetensi Dasar Menggambar Celana Siswa SMK N 1 Jenar. Skripsi FT UNY. Yogyakarta

Harahap, T H, & Nasution, M. D. (2021). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika

Menggunakan Model Pembelajaran Connected Methematics Project (Cmp). Journal Mathematics

Education , 2(1), 812. http://journal.umsu.ac.id/index.php/jmes/article/view/6746

Harahap, Tua Halomoan. (2021). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CO-OP

CO-OP DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP. Journal Mathematics Education

Sigma, 6671.

Irvan, & Lubis, H. 2010. Program Bantuan Pembelajaran Mata Kuliah Kalkulus Menggunakan Multimedia.

-97

Kharisma, Yuliane Jeaniver, & Aslim Asman. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis

Masalah Berorientasi Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dna Prestasi Belajar

Matematika. Indonesian Journal of Mathematics Education. 1. 34-46

Kusuman, Aliangga, Mukhidin, & Bachtiar Hasan. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Dasar

dna Pengukuran Listrik Untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi

dna Kejuruan. 23. 28-39

Lestari, I. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompeensi. Padnag: Akademia Permata.

Majid, A. 2012. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Rosda Karya.

Maskur, Ruhban, Dewi Pematasari, & Rosida Rakhmawati M. 2020. Pengembangan Bahan Ajar

Matematika Berbasis Rhythm Reading Vocal Pada Materi Konsep Pecahan Kelas VII SMP.

Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. 11. 78-87.

Mawaddah, S. & Anisah, H. 2015. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa PadaPembelajaran

Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning)

Di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika. 3(2): 167.

Nahira, Nada. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Booklet Pada Materi Hidrolisis Garam

di MA Babun Najah Banda Aceh. Skripsi Fakultasa Tarbiyah dna Keguruan UIN AR-Raniry.

Banda Aceh

Nasution, MD, Elfrianto, & Feri. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Metode Numerik Dengan Pendekatan

Metakognitif Berbantuan MATLAB. Jurnal Mosharafa. 6. 69-80.

Nuzalifa, Yossie Ulfa, Utami Sri, & Sueb. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Penyuluhan

Tentang Pembuatan Nata de Melon Bagi Masyarakat Petani. Jurnal Pendiidkan: Teori,

Penelitian, dna Pengembangan. 4. 317-321

Oktaviani, Wita. 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berasis Masalah Untuk

Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP PAB 9 Klambir V T.P

/2020. Skripsi Tidak di Terbitkan. Medna: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Panggabean, Ellis Mardiana. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Dengan Strategi REACT Pada Mata Kuliah

Struktur Aljabar I di FKIP UMSU. Jurnal EduTech. 1.

Pralisaputri, Kurnia Ratnadewi. Heribertus S, Chatarina M. 2016. Pengembangan Media Booklet Berbasis

SETS pada Materi Pokok Mitigasi dna Adaptasi Bencana Alam Untuk Kelas X SMA. Jurnal

GeoEco. 2. 147-154

Delima, Dinda Sri. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Materi Matriks Pada Siswa

MAS Al-Washliyah 22 Tembung T.P 2017/2018. Skripsi Tidak di Terbitkan. Medna:

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Djamarah, S B. & Zain, A. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Effendy, O U. 2017. Ilmu Komunikasi Teori dna Praktek. Bandung: Rosda Karya

Emzir. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dna Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Fuadi, R. Johar, R. & Munzir, S. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemahaman dna Penalaran Matematis

melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Ddaktika Matematika. 3(1): 47.

Gazali, Rahmita Yuliana. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Untuk Siswa SMP Berdasarkan

Teori Belajar Ausubel. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika. 11. 182-192

Gustaning, Guni. 2014. Pengembangan Media Booklet Menggambar Macam-Macam Celana Pada

Kompetensi Dasar Menggambar Celana Siswa SMK N 1 Jenar. Skripsi FT UNY. Yogyakarta

Harahap, T H, & Nasution, M. D. (2021). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika

Menggunakan Model Pembelajaran Connected Methematics Project (Cmp). Journal Mathematics

Education , 2(1), 812. http://journal.umsu.ac.id/index.php/jmes/article/view/6746

Harahap, Tua Halomoan. (2021). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CO-OP

CO-OP DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP. Journal Mathematics Education

Sigma, 6671.

Irvan, & Lubis, H. 2010. Program Bantuan Pembelajaran Mata Kuliah Kalkulus Menggunakan Multimedia.

-97

Kharisma, Yuliane Jeaniver, & Aslim Asman. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis

Masalah Berorientasi Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dna Prestasi Belajar

Matematika. Indonesian Journal of Mathematics Education. 1. 34-46

Kusuman, Aliangga, Mukhidin, & Bachtiar Hasan. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Dasar

dna Pengukuran Listrik Untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi

dna Kejuruan. 23. 28-39

Lestari, I. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompeensi. Padnag: Akademia Permata.

Majid, A. 2012. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Rosda Karya.

Maskur, Ruhban, Dewi Pematasari, & Rosida Rakhmawati M. 2020. Pengembangan Bahan Ajar

Matematika Berbasis Rhythm Reading Vocal Pada Materi Konsep Pecahan Kelas VII SMP.

Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. 11. 78-87.

Mawaddah, S. & Anisah, H. 2015. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa PadaPembelajaran

Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning)

Di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika. 3(2): 167.

Nahira, Nada. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Booklet Pada Materi Hidrolisis Garam

di MA Babun Najah Banda Aceh. Skripsi Fakultasa Tarbiyah dna Keguruan UIN AR-Raniry.

Banda Aceh

Nasution, MD, Elfrianto, & Feri. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Metode Numerik Dengan Pendekatan

Metakognitif Berbantuan MATLAB. Jurnal Mosharafa. 6. 69-80.

Nuzalifa, Yossie Ulfa, Utami Sri, & Sueb. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Penyuluhan

Tentang Pembuatan Nata de Melon Bagi Masyarakat Petani. Jurnal Pendiidkan: Teori,

Penelitian, dna Pengembangan. 4. 317-321

Oktaviani, Wita. 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berasis Masalah Untuk

Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP PAB 9 Klambir V T.P

/2020. Skripsi Tidak di Terbitkan. Medna: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Panggabean, Ellis Mardiana. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Dengan Strategi REACT Pada Mata Kuliah

Struktur Aljabar I di FKIP UMSU. Jurnal EduTech. 1.

Pralisaputri, Kurnia Ratnadewi. Heribertus S, Chatarina M. 2016. Pengembangan Media Booklet Berbasis

SETS pada Materi Pokok Mitigasi dna Adaptasi Bencana Alam Untuk Kelas X SMA. Jurnal

GeoEco. 2. 147-154

Delima, Dinda Sri. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Materi Matriks Pada Siswa

MAS Al-Washliyah 22 Tembung T.P 2017/2018. Skripsi Tidak di Terbitkan. Medna:

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Djamarah, S B. & Zain, A. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Effendy, O U. 2017. Ilmu Komunikasi Teori dna Praktek. Bandung: Rosda Karya

Emzir. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dna Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Fuadi, R. Johar, R. & Munzir, S. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemahaman dna Penalaran Matematis

melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Ddaktika Matematika. 3(1): 47.

Gazali, Rahmita Yuliana. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Untuk Siswa SMP Berdasarkan

Teori Belajar Ausubel. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika. 11. 182-192

Gustaning, Guni. 2014. Pengembangan Media Booklet Menggambar Macam-Macam Celana Pada

Kompetensi Dasar Menggambar Celana Siswa SMK N 1 Jenar. Skripsi FT UNY. Yogyakarta

Harahap, T H, & Nasution, M. D. (2021). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika

Menggunakan Model Pembelajaran Connected Methematics Project (Cmp). Journal Mathematics

Education , 2(1), 812. http://journal.umsu.ac.id/index.php/jmes/article/view/6746

Harahap, Tua Halomoan. (2021). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CO-OP

CO-OP DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP. Journal Mathematics Education

Sigma, 6671.

Irvan, & Lubis, H. 2010. Program Bantuan Pembelajaran Mata Kuliah Kalkulus Menggunakan Multimedia.

-97

Kharisma, Yuliane Jeaniver, & Aslim Asman. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis

Masalah Berorientasi Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dna Prestasi Belajar

Matematika. Indonesian Journal of Mathematics Education. 1. 34-46

Kusuman, Aliangga, Mukhidin, & Bachtiar Hasan. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Dasar

dna Pengukuran Listrik Untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi

dna Kejuruan. 23. 28-39

Lestari, I. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompeensi. Padnag: Akademia Permata.

Majid, A. 2012. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Rosda Karya.

Maskur, Ruhban, Dewi Pematasari, & Rosida Rakhmawati M. 2020. Pengembangan Bahan Ajar

Matematika Berbasis Rhythm Reading Vocal Pada Materi Konsep Pecahan Kelas VII SMP.

Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. 11. 78-87.

Mawaddah, S. & Anisah, H. 2015. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa PadaPembelajaran

Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning)

Di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika. 3(2): 167.

Nahira, Nada. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Booklet Pada Materi Hidrolisis Garam

di MA Babun Najah Banda Aceh. Skripsi Fakultasa Tarbiyah dna Keguruan UIN AR-Raniry.

Banda Aceh

Nasution, MD, Elfrianto, & Feri. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Metode Numerik Dengan Pendekatan

Metakognitif Berbantuan MATLAB. Jurnal Mosharafa. 6. 69-80.

Nuzalifa, Yossie Ulfa, Utami Sri, & Sueb. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Penyuluhan

Tentang Pembuatan Nata de Melon Bagi Masyarakat Petani. Jurnal Pendiidkan: Teori,

Penelitian, dna Pengembangan. 4. 317-321

Oktaviani, Wita. 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berasis Masalah Untuk

Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP PAB 9 Klambir V T.P

/2020. Skripsi Tidak di Terbitkan. Medna: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Panggabean, Ellis Mardiana. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Dengan Strategi REACT Pada Mata Kuliah

Struktur Aljabar I di FKIP UMSU. Jurnal EduTech. 1.

Pralisaputri, Kurnia Ratnadewi. Heribertus S, Chatarina M. 2016. Pengembangan Media Booklet Berbasis

SETS pada Materi Pokok Mitigasi dna Adaptasi Bencana Alam Untuk Kelas X SMA. Jurnal

GeoEco. 2. 147-154

Prastowo, A. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Pribadi, Benny A. 2017. Media & Teknologi Dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Puspita, Avisha, Arif DK, & Hanum MR. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Pada Materi

Sistem Imun Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 8 Pontianak. Jurnal

Bioeducation. 4. 64-73.

Saluky. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Web Dengan Menggunakan Wordpress.

Jurnal EduMa. 5(1): 80-81

Setyosari, P. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dna Pengembangan. Jakarta: Kencana

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dna R&D. Bandung: Alfabeta.

Utami, Dyah A F & Laili E.R. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Modul Interaktif Bagi Pemelajar

BIPA Tingkai A1. Jurnal Ilmiah Bahasa dna Sastra. 3. 277-294

Wahyuni, Dentika Aprilia. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Matematika Berbasis

Multimedia Pada Materi Peluang Untuk Siswa Kelas XI. Skripsi Tidak di Terbitkan. Jakarta:

UIN Syarif Hidayatullah

Wahyuni, S. (2019). Efektivitas Model Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Dalam

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Journal Mathematics Education Sigma (JMES), 16




DOI: https://doi.org/10.30596/jmes.v2i2.7979

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.