PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BOOKLET PADA POKOK BAHASAN PYTHAGORAS UNTUK SISWA SMP
Abstract
Bahan ajar merupakan hal yang penting untuk digunakan bagi guru dan siswa dalam proses pembelajaran, bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik siswa, kurikulum, dan memiliki desain sesuai dapat menarik perhatian siswa untuk menggunakan bahan ajar dalam proses pembelajarannya. Peneitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bahan ajar Booklet pada pokok bahasan Pythagoras untuk siswa SMP. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE dengan tahap Analysis (analisis), Design (desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (evaluasi), tetapi karena keterbatasan waktu maka penelitian ini dilakukan hanya sampai pada tahap Pengembangan (Development). Hasil pada penelitian ini berupa bahan ajar Booklet pada pokok bahasan Pythagoras untuk siswa kelas VIII SMP. Bahan ajar yang dikembangkan peneliti memenuhi kriteria Sangat Baik atas dasar skor penilaian perangkat penilaian, validasi ahli materi, dan validasi ahli media oleh 2 orang dosen ahli dan satu guru matematika berturut-turut dengan skala 5. Dilakukan juga uji coba kelas kecil pada 10 orang siswa menunjukkan hasil sebesar dengan kategori Sangat Baik.
Kata kunci: Bahan Ajar Booklet, Pythagoras, ADDIEKeywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, Nur Ika, Yuniawatika, & Tri Murti. 2020. Pengembangan E-Booklet Berbasis Karakter
Kemandirian dna Tanggung Jawab Melalui Aplikasi Edmodo Pada Materi Bangun Datar.
Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. 3. 282-291.
Anderson, Ronald H. 1987. Pemilihan dna Pengembangan Media Untuk Pembelajaran. Jakarta: Rajawali
Anggoro, Bambang Sri. 2015. Pengembangan Modul Matematika Dengan Strategi Problem Solving untuk
Mengukur Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Al-Jabar Jurnal
Pendidikan Matematika 6. 2.122-129.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakata: Rineka Cipta.
Azis, Z., Panggabean, S., Sumardi, H., Matematika, P. P., Muhammadiyah, U., Utara, S., Matematika, P.
P., Bengkulu, U., Education, R. M., Matematika, H. B., & Pendahuluan, I. (2021). EFEKTIVITAS
REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA
SISWA SMP NEGERI 1 PAHAE JAE. Journal Mathematics Education Sigma, 2(1), 1924.
Batubara, I. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK
MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA.
Journal Mathematics Education Sigma, 1(1), 2428.
http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/jmes/article/view/4015
Batubara, I. H. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Model Pembelajaran
Berbasis Masalah Berbantuan Autograph dan Geogebra di SMA Free Methodist Medan. Kumpulan
Jurnal Dosen UMSU: Wahana Inovasi, 6(1), 97104. https://penelitian.uisu.ac.id/wpcontent/uploads/2017/09/12.-Ismail-Hanif-Batubara.pdf
Batubara, I. H. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Metode Penemuan
Terbimbing Berbantuan Software Geogebra Pada Mata Kuliah Kalkulus Peubah Banyak Di Fkip
Umsu. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 4(2), 152159.
https://doi.org/10.30743/mes.v4i2.1291
Batubara, I. H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar
Pengembangan Silabus Pembelajaran Matematika pada Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Penelitian,
Pendidikan Dan Pengajaran, 1(2), 1317.
Batubara, I. H., & Ammy, P. M. (2018). Kata Kunci: Kretivitas, Hasil Belajar, Model Pembelajaran
Berbasis Masalah. BIBLIO COUNS, 1(2), 4353.
https://doi.org/https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v1i2.2077
Batubara, I. H., Nasution, I. S., & Afifah, N. (2020). Peningkatan Kualitas Pengajaran Melalui Software
Cabri 3D Pendahuluan. PROKMAS: Jurnal Hasil Pengabidian Kepada Masyarakat, 4(2), 16.
http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas/article/view/6311
Budiman, Heri & Ramadhani, Sendi. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Matematika SMA Berbasis
Geogebra Versi Android. Jurnal Science Tech. 3.75-80.
Caeruman, Uwes Anis. 2015. Instrumen Evaluasi Media Pembelajaran. Pusat Teknologi Informasi dna
Komunikasi Pendidikan: Keentrian Pendidikan dna Kebudayaan
Chairani, Z. 2016. Kecerdesan Dna Kreatifitas Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Math Didactic:
Jurnal Pendidikan Matematika. 2(2): 101-102.
Dachi, Surya Wisada. 2018. Upaya Pengembangan Materi Ajar Berbasis Media Instructional Dalam
Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Prodi Pendidikan Matematika FKIP
UMSU. Jurnal EduTech. 4. 69-73
Delima, Dinda Sri. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Materi Matriks Pada Siswa
MAS Al-Washliyah 22 Tembung T.P 2017/2018. Skripsi Tidak di Terbitkan. Medna:
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Djamarah, S B. & Zain, A. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Effendy, O U. 2017. Ilmu Komunikasi Teori dna Praktek. Bandung: Rosda Karya
Emzir. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dna Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Fuadi, R. Johar, R. & Munzir, S. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemahaman dna Penalaran Matematis
melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Ddaktika Matematika. 3(1): 47.
Gazali, Rahmita Yuliana. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Untuk Siswa SMP Berdasarkan
Teori Belajar Ausubel. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika. 11. 182-192
Gustaning, Guni. 2014. Pengembangan Media Booklet Menggambar Macam-Macam Celana Pada
Kompetensi Dasar Menggambar Celana Siswa SMK N 1 Jenar. Skripsi FT UNY. Yogyakarta
Harahap, T H, & Nasution, M. D. (2021). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika
Menggunakan Model Pembelajaran Connected Methematics Project (Cmp). Journal Mathematics
Education , 2(1), 812. http://journal.umsu.ac.id/index.php/jmes/article/view/6746
Harahap, Tua Halomoan. (2021). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CO-OP
CO-OP DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP. Journal Mathematics Education
Sigma, 6671.
Irvan, & Lubis, H. 2010. Program Bantuan Pembelajaran Mata Kuliah Kalkulus Menggunakan Multimedia.
-97
Kharisma, Yuliane Jeaniver, & Aslim Asman. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis
Masalah Berorientasi Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dna Prestasi Belajar
Matematika. Indonesian Journal of Mathematics Education. 1. 34-46
Kusuman, Aliangga, Mukhidin, & Bachtiar Hasan. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Dasar
dna Pengukuran Listrik Untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi
dna Kejuruan. 23. 28-39
Lestari, I. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompeensi. Padnag: Akademia Permata.
Majid, A. 2012. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Rosda Karya.
Maskur, Ruhban, Dewi Pematasari, & Rosida Rakhmawati M. 2020. Pengembangan Bahan Ajar
Matematika Berbasis Rhythm Reading Vocal Pada Materi Konsep Pecahan Kelas VII SMP.
Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. 11. 78-87.
Mawaddah, S. & Anisah, H. 2015. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa PadaPembelajaran
Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning)
Di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika. 3(2): 167.
Nahira, Nada. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Booklet Pada Materi Hidrolisis Garam
di MA Babun Najah Banda Aceh. Skripsi Fakultasa Tarbiyah dna Keguruan UIN AR-Raniry.
Banda Aceh
Nasution, MD, Elfrianto, & Feri. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Metode Numerik Dengan Pendekatan
Metakognitif Berbantuan MATLAB. Jurnal Mosharafa. 6. 69-80.
Nuzalifa, Yossie Ulfa, Utami Sri, & Sueb. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Penyuluhan
Tentang Pembuatan Nata de Melon Bagi Masyarakat Petani. Jurnal Pendiidkan: Teori,
Penelitian, dna Pengembangan. 4. 317-321
Oktaviani, Wita. 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berasis Masalah Untuk
Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP PAB 9 Klambir V T.P
/2020. Skripsi Tidak di Terbitkan. Medna: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Panggabean, Ellis Mardiana. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Dengan Strategi REACT Pada Mata Kuliah
Struktur Aljabar I di FKIP UMSU. Jurnal EduTech. 1.
Pralisaputri, Kurnia Ratnadewi. Heribertus S, Chatarina M. 2016. Pengembangan Media Booklet Berbasis
SETS pada Materi Pokok Mitigasi dna Adaptasi Bencana Alam Untuk Kelas X SMA. Jurnal
GeoEco. 2. 147-154
Delima, Dinda Sri. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Materi Matriks Pada Siswa
MAS Al-Washliyah 22 Tembung T.P 2017/2018. Skripsi Tidak di Terbitkan. Medna:
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Djamarah, S B. & Zain, A. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Effendy, O U. 2017. Ilmu Komunikasi Teori dna Praktek. Bandung: Rosda Karya
Emzir. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dna Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Fuadi, R. Johar, R. & Munzir, S. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemahaman dna Penalaran Matematis
melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Ddaktika Matematika. 3(1): 47.
Gazali, Rahmita Yuliana. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Untuk Siswa SMP Berdasarkan
Teori Belajar Ausubel. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika. 11. 182-192
Gustaning, Guni. 2014. Pengembangan Media Booklet Menggambar Macam-Macam Celana Pada
Kompetensi Dasar Menggambar Celana Siswa SMK N 1 Jenar. Skripsi FT UNY. Yogyakarta
Harahap, T H, & Nasution, M. D. (2021). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika
Menggunakan Model Pembelajaran Connected Methematics Project (Cmp). Journal Mathematics
Education , 2(1), 812. http://journal.umsu.ac.id/index.php/jmes/article/view/6746
Harahap, Tua Halomoan. (2021). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CO-OP
CO-OP DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP. Journal Mathematics Education
Sigma, 6671.
Irvan, & Lubis, H. 2010. Program Bantuan Pembelajaran Mata Kuliah Kalkulus Menggunakan Multimedia.
-97
Kharisma, Yuliane Jeaniver, & Aslim Asman. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis
Masalah Berorientasi Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dna Prestasi Belajar
Matematika. Indonesian Journal of Mathematics Education. 1. 34-46
Kusuman, Aliangga, Mukhidin, & Bachtiar Hasan. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Dasar
dna Pengukuran Listrik Untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi
dna Kejuruan. 23. 28-39
Lestari, I. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompeensi. Padnag: Akademia Permata.
Majid, A. 2012. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Rosda Karya.
Maskur, Ruhban, Dewi Pematasari, & Rosida Rakhmawati M. 2020. Pengembangan Bahan Ajar
Matematika Berbasis Rhythm Reading Vocal Pada Materi Konsep Pecahan Kelas VII SMP.
Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. 11. 78-87.
Mawaddah, S. & Anisah, H. 2015. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa PadaPembelajaran
Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning)
Di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika. 3(2): 167.
Nahira, Nada. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Booklet Pada Materi Hidrolisis Garam
di MA Babun Najah Banda Aceh. Skripsi Fakultasa Tarbiyah dna Keguruan UIN AR-Raniry.
Banda Aceh
Nasution, MD, Elfrianto, & Feri. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Metode Numerik Dengan Pendekatan
Metakognitif Berbantuan MATLAB. Jurnal Mosharafa. 6. 69-80.
Nuzalifa, Yossie Ulfa, Utami Sri, & Sueb. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Penyuluhan
Tentang Pembuatan Nata de Melon Bagi Masyarakat Petani. Jurnal Pendiidkan: Teori,
Penelitian, dna Pengembangan. 4. 317-321
Oktaviani, Wita. 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berasis Masalah Untuk
Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP PAB 9 Klambir V T.P
/2020. Skripsi Tidak di Terbitkan. Medna: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Panggabean, Ellis Mardiana. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Dengan Strategi REACT Pada Mata Kuliah
Struktur Aljabar I di FKIP UMSU. Jurnal EduTech. 1.
Pralisaputri, Kurnia Ratnadewi. Heribertus S, Chatarina M. 2016. Pengembangan Media Booklet Berbasis
SETS pada Materi Pokok Mitigasi dna Adaptasi Bencana Alam Untuk Kelas X SMA. Jurnal
GeoEco. 2. 147-154
Delima, Dinda Sri. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Materi Matriks Pada Siswa
MAS Al-Washliyah 22 Tembung T.P 2017/2018. Skripsi Tidak di Terbitkan. Medna:
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Djamarah, S B. & Zain, A. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Effendy, O U. 2017. Ilmu Komunikasi Teori dna Praktek. Bandung: Rosda Karya
Emzir. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dna Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Fuadi, R. Johar, R. & Munzir, S. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemahaman dna Penalaran Matematis
melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Ddaktika Matematika. 3(1): 47.
Gazali, Rahmita Yuliana. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Untuk Siswa SMP Berdasarkan
Teori Belajar Ausubel. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika. 11. 182-192
Gustaning, Guni. 2014. Pengembangan Media Booklet Menggambar Macam-Macam Celana Pada
Kompetensi Dasar Menggambar Celana Siswa SMK N 1 Jenar. Skripsi FT UNY. Yogyakarta
Harahap, T H, & Nasution, M. D. (2021). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika
Menggunakan Model Pembelajaran Connected Methematics Project (Cmp). Journal Mathematics
Education , 2(1), 812. http://journal.umsu.ac.id/index.php/jmes/article/view/6746
Harahap, Tua Halomoan. (2021). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CO-OP
CO-OP DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP. Journal Mathematics Education
Sigma, 6671.
Irvan, & Lubis, H. 2010. Program Bantuan Pembelajaran Mata Kuliah Kalkulus Menggunakan Multimedia.
-97
Kharisma, Yuliane Jeaniver, & Aslim Asman. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis
Masalah Berorientasi Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dna Prestasi Belajar
Matematika. Indonesian Journal of Mathematics Education. 1. 34-46
Kusuman, Aliangga, Mukhidin, & Bachtiar Hasan. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Dasar
dna Pengukuran Listrik Untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi
dna Kejuruan. 23. 28-39
Lestari, I. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompeensi. Padnag: Akademia Permata.
Majid, A. 2012. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Rosda Karya.
Maskur, Ruhban, Dewi Pematasari, & Rosida Rakhmawati M. 2020. Pengembangan Bahan Ajar
Matematika Berbasis Rhythm Reading Vocal Pada Materi Konsep Pecahan Kelas VII SMP.
Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. 11. 78-87.
Mawaddah, S. & Anisah, H. 2015. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa PadaPembelajaran
Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning)
Di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika. 3(2): 167.
Nahira, Nada. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Booklet Pada Materi Hidrolisis Garam
di MA Babun Najah Banda Aceh. Skripsi Fakultasa Tarbiyah dna Keguruan UIN AR-Raniry.
Banda Aceh
Nasution, MD, Elfrianto, & Feri. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Metode Numerik Dengan Pendekatan
Metakognitif Berbantuan MATLAB. Jurnal Mosharafa. 6. 69-80.
Nuzalifa, Yossie Ulfa, Utami Sri, & Sueb. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Penyuluhan
Tentang Pembuatan Nata de Melon Bagi Masyarakat Petani. Jurnal Pendiidkan: Teori,
Penelitian, dna Pengembangan. 4. 317-321
Oktaviani, Wita. 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berasis Masalah Untuk
Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP PAB 9 Klambir V T.P
/2020. Skripsi Tidak di Terbitkan. Medna: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Panggabean, Ellis Mardiana. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Dengan Strategi REACT Pada Mata Kuliah
Struktur Aljabar I di FKIP UMSU. Jurnal EduTech. 1.
Pralisaputri, Kurnia Ratnadewi. Heribertus S, Chatarina M. 2016. Pengembangan Media Booklet Berbasis
SETS pada Materi Pokok Mitigasi dna Adaptasi Bencana Alam Untuk Kelas X SMA. Jurnal
GeoEco. 2. 147-154
Prastowo, A. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Pribadi, Benny A. 2017. Media & Teknologi Dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Puspita, Avisha, Arif DK, & Hanum MR. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Pada Materi
Sistem Imun Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 8 Pontianak. Jurnal
Bioeducation. 4. 64-73.
Saluky. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Web Dengan Menggunakan Wordpress.
Jurnal EduMa. 5(1): 80-81
Setyosari, P. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dna Pengembangan. Jakarta: Kencana
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dna R&D. Bandung: Alfabeta.
Utami, Dyah A F & Laili E.R. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Modul Interaktif Bagi Pemelajar
BIPA Tingkai A1. Jurnal Ilmiah Bahasa dna Sastra. 3. 277-294
Wahyuni, Dentika Aprilia. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Matematika Berbasis
Multimedia Pada Materi Peluang Untuk Siswa Kelas XI. Skripsi Tidak di Terbitkan. Jakarta:
UIN Syarif Hidayatullah
Wahyuni, S. (2019). Efektivitas Model Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Dalam
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Journal Mathematics Education Sigma (JMES), 16
DOI: https://doi.org/10.30596/jmes.v2i2.7979
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.