PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP SOFT SILL MAHASISWA PADA MATA KULIAH KALKULUS FKIP UMSU

Feri Haryati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya pengaruh pendekatan open ended terhadap kemampuan soft skill mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen menggunakan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester satu pendidikan matematika UMSU tahun ajaran 2017/2018, dengan menggunakan dua kelas yang telah ditentukan. Kelas eksperimen mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan open ended, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Instrumen yang digunakan berupa angket soft skill, lembar observasi dan pedoman interview. Kesimpulan diambil berdasarkan hasil pengolahan dan analasis data menggunakan uji T-test dengan bantuan program Microsoft Excel dan program SPSS 17. Hasil yang diperoleh bahwa soft skill mahasiswa lebih baik dari kelas konvensional, sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan open ended berpengaruh terhadap dan soft skill mahasiswa.


Keywords


Open ended, Soft skil

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2007). Prosedur Penelitian (edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Batubara, I. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA. Journal Mathematics Education Sigma, 1(1), 2428. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/jmes/article/view/4015

Batubara, I. H. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Geogebra Pada Mata Kuliah Kalkulus Peubah Banyak Di Fkip Umsu. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 4(2), 152159. https://doi.org/10.30743/mes.v4i2.1291

Elfindri.et al.(2011) Soft Skilluntuk Pendidikan. Jakarta: Baduose Media.

Dahar, R.W. (1989). Teori-Teori Belajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Fauzi. A. (2011). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa dengan Pendekatan Pembelajaran Metakognitif di Sekolah Menengah Pertama. Disertasi pada PPS UPI: Tidak diterbitkan.

Goos, M. (1995).Metacognitive Knowledge, Belief, and Classroom Mathematics. Eighteen Annual Conference of The Mathematics Education Research Group of Australasia, Darwin, July 7-10 1995.

Hake, R.R. (1999). Analyzing Change/ Gain Scores. [Online]. Tersedia: http://www.physics.indiana.edu/?sdi/Analyzingchange-Gain.pdf. (10 September 2010).

Haryati, Feri. (2012). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemandirian Belajar Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Metakognitif Berbasis Soft Skill. Tesis pada PPs UPI: Tidak diterbitkan

Kirkley, J (2003). Principle for Teaching Problem Solving. Indiana University : Plato Learning

Kusumah, Y.S & Suherman, E. (1990). Petunjuk Praktis untuk Melaksanakan Evaluasi Pendidikan Matematika. Bandung: Wijayakusumah.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Presiden RI. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Tahun 2013 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi

Noornia, Anton. (2011). Cooperative Learning with Metacognitive Approach Ton Enhance Mathematical Critical Thinking And Probelem Solving Ability And the Relation To Self Regulated Learning. Jurnal International Seminar and the 4th National Conference on Mathematics Education. Juni 2011

Novaliyosi. (2011). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Investigasi. Tesis pada SPs UPI: Tidak diterbitkan.

Polya, George (1973). How to solve it A New Aspect of Mathematical Method (Second edition). New Jersey: Princeton University Press

Presiden RI .(2013). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Ruseffendi, E.T. (2005). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan & Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.

Rusmini. (2007). Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Program Cabri Geometri. Tesis pada SPs UPI: Tidak diterbitkan.

Bandungan Semarang. BPM Semarang. 1- 4 April 2008. Tidak diterbitkan




DOI: https://doi.org/10.30596/jmes.v2i2.8022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.