ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN PERBANKAN SYARIAH DAN KONVENSIONAL DI KOTA MEDAN

Dewi Andriany

Abstract


Kepuasan pelanggan merupakan konsep dalam pemasaran yang bererti sikap pelanggan terhadap produk dari pengeluar, baik produk barang maupun jasa. Banyak faktor yang mempengaruhi puas tidaknya pelanggan terhadap produk mereka, diantaranya faktor perkhidmatan, kualiti produk, harga, dan sebagainya. Salah satu syarikat yang sangat perlu untuk memberi perhatian kepada kepuasan pelanggan adalah syarikat perkhidmatan perbankan. Di Indonesia, sistem perbankan terdiri dari dua, yakni perbankan konvensional dan perbankan syariah. Kedua-dua sistem ini mempunyai perbezaan terutama dalam masalah bunga bank, namun pada dasarnya kedua-dua sistem ini mempunyai kesamaan dalam masalah perkhidmatan untuk mencipta kepuasan pelanggan mereka masing-masing. Dalam praktiknya walaupun syarikat perbankan sudah berupaya mencipta kepuasan pelanggan, masih juga pelanggan yang mengeluh terhadap perkhidmatan kedua- dua sistem perbankan tersebut, yang menunjukkan adanya masalah tentang kepuasan pelanggan. Salah satu hal penting yang perlu dicermati adalah perkhidmatan bank syariah. Seperti diketahui bahawa bank syariah menerapkan prinsip-prinsip Islam dalam amalan perbankannya, diantaranya: berdimensi keadilan dan pemerataan melalui sistem bagi hasil, adanya jaminan kepada pelanggan, mewujudkan rasa kebersamaanm bersifat mandiri, dan melakukan persaingan sihat. Namun dari penemuan kajian yang penulis lakukan, ternyata masih banyak responden yang kurang tertarik dengan bank syariah, karena alasan: menganggap konsepnya hampir sama dengan bank konvensional, tidak paham dengan prinsip syariah, kurang percaya dengan sistem syariah, tidak cukup wang untuk menabung, kurang sosialisasi , dan sudah menjadi pelanggan bank konvensional. Salah satu daripada sebab-sebab tersebut adalah kurang percaya dengan sistem syariah termasuk masalah perkhidmatannya yang dianggap belum seprofesional bank konvensional.

Kata Kunci: Kepuasan Pelanggan, Perbankan Syariah, Perbankan Konvensional


Keywords


Kepuasan Pelanggan, Perbankan Syariah, Perbankan Konvensional

Full Text:

PDF PDF

References


Andriani, Dewi & Juliandi, Azuar, 2007. Preferensi Masyarakat Kota Medan terhadap Perbankan Syariah, Laporan Penelitian Dosen Muda Dikti, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan.

Ardiansyah, Mhd. Hendro, Mhd. Fazzil, Novianti Putri, 2006. Minat Masyarakat Dalam Memilih Bank Syariah di Kota Medan, Laporan Penelitian Program Kreativitas Mahasiswa Dikti, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan.

Bank Indonesia dan Institut Pertanian Bogor, 2004. Potensi, Preferensi, dan Perilaku Masyarakat Terhadap Bank Syariah: Studi Pada Wilayah Propinsi Kalimantan Selatan. Executive Summary Hasil Penelitian, Kerjasama Direktorat Perbankan Syariah-Bank Indonesia dengan Institut Pertanian Bogor

Bank Indonesia dan Universitas Brawijaya, 2000. Potensi, Preferensi, dan Perilaku

Masyarakat Terhadap Bank Syariah: Studi Pada Wilayah Propinsi Jawa Timur. Executive Summary Hasil Penelitian, Kerjasama Bank Indonesia dengan Pusat Pengkajian Bisnis dan Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.