PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATA KULIAH AKUNTANSI KEUANGAN LANJUTAN II DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA AKUNTANSI

Fitriani Saragih, Edisah Putra Nainggolan

Abstract


Abstrak

Metode pembelajaran yang dilakukan untuk mata kuliah akuntansi keuangan lanjutan II belum menghasilkan kompetensi yang diharapkan.Hal ini terlihat dari hasil belajar mahasiswa akuntansi semakin menurun setiap tahunnya. Sehingga peneliti ingin menerapkan metode pembelajaran kooperatif Student Tean Achievement Division ( STAD) untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa akuntansi pada mata kuliah Akuntansi Keuangan Lanjutan II.

Tujuan dalam penerapan metode pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Division ( STAD) ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mahasiswa akuntansi melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Division ( STAD) Pada mata kuliah Akuntansi Keuangan Lanjutan II.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus tindakan, dengan masing masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan metode kooperatif Student Team Achievement Division ( STAD) pada mata kuliah Akuntansi Keuangan Lanjutan II.

Kata kunci : Metode Student Team Achievement Division, Hasil belajar Mahasiswa

Keywords


Metode Student Team Achievement Division, Hasil belajar Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Etin Solihatin dan Rahardjo. 2007. Cooperative Learning: Analisis Model Pembelajaran IPS.Jakarta: Bumi Aksara.

Isjoni dan Arif Ismail. (2008). Model-Model Pembelajaran Mutakhir Perpaduan

Indonesia-Malaysia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Istiningrum dan Sukanti (2012). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NumberedbHeads Together (Nht) Untuk Meningkatkan Aktivitas BelajarAkuntansi Pada Siswa Kelas X Ak 2 Smk Ypkk 2 SlemanTahun Pelajaran 2011/2012, Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. X, No. 2, Tahun 2012 Halaman 64 79

Junaidi (2009), Pembelajaran Kooperatif pada Mata Kuliah Akuntansi Pengantar: Suatu Eksperimen Lapangan, JURNAL AKUNTANSI DAN KEUANGAN, VOL. 11, NO. 2, NOVEMEBR 2009: 53-64

Lindquist, T. and R. Abraham. (1995). Whitepeak corporation: A case analysis of a Jigsaw II application of cooperative learning. Accounting Education: A Journal of Theory, Practice and Research, 113-125.

Media Pendidikan. (2011). Pembelajaran Kooperatif. Diambil dari:

http://blog.tp.ac.id/tag/aspek-teori-motivasi.

Mohammad Nur. 2005. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA.

Ngalim Purwanto. 2002. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Oemar Humalik. 2003. Perencanaan Pembangunan Berdasarkan Pendidikan Sistem. Jakarta: Bumu Aksara.

Robert E. Slavin. 2008. Cooperatif Learning. Bandung: Nusa Media.

Sofyan Syafri Harahap. (2004) Teori Akuntansi. Jakarta: Rajawali Pers.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivisme. Jakarta: Prestasi Pustaka

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suwardjono. (1991). Perilaku Belajar di perguruan Tinggi. Jurnal Akuntansi. Maret. Yogyakarta. STIE YKPN.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep,

Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.