PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA PT POS INDONESIA KANTOR POS MEDAN

Jasman Syaripuddin

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh motivasi berprestasi terhadap kinerja pegawai pada PT Pos Indonesia Kantor Pos Medan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah daftar pertanyaan (Questioner), wawancara (interview) dan studi dokumen. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah dengan korelasi product moment, uji t dan uji determinasi.

Dari uji koefisien korelasi diperoleh nilai rxy = 0,625, yang menunjukkan hubungan yang kuat antara motivasi berprestasi dengan kinerja pegawai pada PT Pos Indonesia Kantor Pos Medan. Dan berdasarkan uji-t diperoleh thitung > ttabel yaitu 6,098 > 2,002 (sig 0,000 < 0,05), maka hipotesis diterima, jadi ada hubungan yang signifikan motivasi berprestasi dengan kinerja pegawai pada PT Pos Indonesia Kantor Pos Medan. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan SPSS, nilai koefisien determinasi (R-Square) yang diperoleh adalah sebesar 0,391, menunjukkan sekitar 39,10% variabel Y (kinerja pegawai) dapat dijelaskan oleh variabel X (motivasi berprestasi), atau secara praktis dapat dikatakan bahwa kontribusi variabel X (motivasi berprestasi) terhadap variabel Y (kinerja pegawai) adalah 39,10%. Sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.


Keywords


motivasi, kinerja pegawai

Full Text:

PDF

References


Dessler, Gary. (1982). Personnel Management, 3rd Edition, Reston Publishing Company, Alih Bahasa J.Tuheteru (1992). Manajemen Personalia. Jakarta, Edisi Kedua. Cetakan Kedua. Erlangga.

Flippo, Edwin B. (1995). Manajemen Personalia. Jilid I. Edisi Keenam. Ahli Bahasa Moh. Masud. Jakarta: Erlangga.

Hadari Nawawi (2003), Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis yang Kompetitif, Cetakan Kelima, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Hasibuan, Malayu S.P. (1995). Manajemen Sumber Daya Manusia, Kunci dan Keberhasilan, Jakarta: Haji Masagung.

Kreitner, Robert dan Kinicki, Angelo (2003). Perilaku Organisasi. Terjemahan Erly Suandy, Edisi Pertama, Jakarta: Salemba Empat

Mangkunegara, AA. Anwar Prabu, (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Panji Anoraga dan Janti Soegiastuti (1997). Pengantar Bisnis Modern, Jakarta : PT Dunia Pustaka Jaya

Sudjana. (2001). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito

Sugiyono. (2003). Metode Penelitian Bisnis. Bandung, Cetakan Keempat, Alfabeta.

Sule, Ernie Tisnawati dan Saefullah, Kurniawan. (2004). Pengantar Manajemen. Edisi Pertama, Cetakan Pertama, Jakarta, Prenada Media.

T. Hani Handoko. (1993). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Liberty.

Jacob Anaktototy. www.google.com. Hubungan Motif Berprestasi Dengan Kinerja Karyawan. Dikunjungi tanggal 5 Oktober 2005


Refbacks

  • There are currently no refbacks.