PENGARUH STRUKTUR AKTIVA DAN LIKUDITAS TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN INDUSTRI MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Jasman Syarifuddin

Abstract


ABSTRAK

Struktur Modal merupakan masalah penting bagi setiap perusahaan, karena baik buruknya Struktur Modal akan mempunyai efek terhadap posisi financial perusahaan. Dimana Struktur Modal tersebut mencerminkan kinerja perusahaan dalam penggunaan dana. Struktur Modal ini juga merupakan perbandingan antara utang perusahaan (total debt) dengan total modal (total equity).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Struktur Aktiva dan Likuiditas terhadap Struktur Modal pada perusahaan Industri Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah Perusahaan Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang berjumlah 14 perusahaan. Penarikan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga sampel berjumlah 7 perusahaan dan pengamatan dilakukan selama lima tahun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji-t dan uji-f, serta koefisien determinasi. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program Software SPSS (Statistic Package for the Social Sciens)

Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara parisal Struktur Aktiva tidak berpengaruh signifikan terhadap Struktur Modal pada perusahaan industry makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Secara simultan Struktur Modal dan Likuiditas berpengaruh signifikan terhadap Struktur Modal pada perusahaan Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Kata Kunci : Struktur Aktiva, Likuiditas, Struktur Modal.


Keywords


Struktur Aktiva, Likuiditas, Struktur Modal

Full Text:

PDF

References


-


Refbacks

  • There are currently no refbacks.