PENGARUH DISIPLIN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. KEMASINDO CEPAT NUSANTARA MEDAN

Jasman Saripuddin, Rina Handayani

Abstract


ABSTRACT

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Disiplin dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Kemasindo Cepat Nusantara Medan yang bergerak dibidang muatan International Freight Forwarder melayani ekspor dan impor termasuk angkatan udara dan angkatan laut, bea cukai, kargo proyek, bisnis outport dan pelayanan lainnya. Populasi dan sampel penelitian ini adalah semua karyawan yang terdapat pada PT. Kemasindo Cepat Nusantara Medan berjumlah 31 orang sebagai responden. Teknik pengumpulan data yang penulis pergunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, studi dokumentasi , dan angket (Quesioner). Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan, pengujian regresi linier berganda, Uji Asumsi Klasik, Uji t, Uji F dan Koefisien Determinasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak adanya pengaruh disiplin (X1) terhadap kinerja karyawan (Y) ditunjukkan oleh thitung 1,631<ttabel 2,045 dengan probabilitas sig. 0,114>0,05. Hal tersebut berarti bahwa hipotesis nol (Ha) ditolak dan (Ho) diterima dapat disimpulkan bahwa disiplin (X1) secara parsial tidak mempunyai pengaruh

signifikan terhadap kinerja karyawan (Y). Adanya pengaruh variabel motivasi (X2) terhadap kinerja karyawan (Y) ditunjukkan oleh thitung 3.804 > ttabel 2.045 dengan probabilitas sig. 0,001<0,05. Hal tersebut berarti bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan (Ha) diterima dapat disimpulkan bahwa motivasi (X2) secara parsial mempunyai pengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan (Y).

Kata kunci : Disiplin, Motivasi, Kinerja


Keywords


Disiplin, Motivasi, Kinerja

Full Text:

PDF

References


Agusani Fauzia (2011), Manajemen Sumber Daya Manusia, Medan: Madenatera

Enny Rachmawati, Y. Warella, Zaenal Hidayat, (2006)Pengaruh Motivasi Kerja, Kemampuan Kerjadan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Pada Badan Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat Propinsi Jawa Tengah. Jurnal Ilmu Administrasi dan Kebijakan Publik.Vol.3, No. 1 Januari 2006.

Eko Santoso, 2006. Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Kompensasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di Bank Central Asia Kudus. Jurnal Skripsi Manajemen 2006.

Hasibuan, Melayu SP, (2011) Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Kelimabelas, Jakarta : PT. Bumi Aksara

Juliandi Azuar (2015) Metodologi Penelitian Bisnis. Cetakan Kedua, Medan; Penerbit Umsu Press.

Kadarisman (2012) Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT. Raja Grafindi Persada

Mangkunegara, A.A (2013) Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Kesebelas, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Noor Juliansyah (2013) Penelitian Ilmu Manajemen Tinjauan Filosofis dan Praktis.

Cetakan Pertama, Jakarta :Kencana.

Sugiyono (2014). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Cetakan ke-20.

Bandung: CV. Alfabeta.428

Sutrisno .E (2009) Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Pertama, Jakarta: Kencana.

Sutrisno .E (2010) Budaya Organisasi. Cetakan Pertama, Jakarta :Kencana.

ZainulHidayat, MM &MuchamadTaufiq, MH, 2012. Pengaruh Lingkungan Kerjadan Disiplin Kerja serta Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Lumajang. Jurnal WIGA Vol. 2 No. 1 .


Refbacks

  • There are currently no refbacks.