PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA PT. SARANA AGRO NUSANTARA MEDAN

Jasman Saripuddin

Abstract


ABSTRAK

Pada dasarnya kepuasan kerja merupakan hal yang bersifat individual. Setiap karyawan akan memiliki tingkat kepuasan yang berbeda-beda sesuai dengan sistem dan nilai-nilai yang berlaku bagi karyawan tersebut. Berdasarkan hasil pengujian diketahui tidak ada pengaruh positifyang signifikan secara parsial antara lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja pada PT. Sarana Agro Nusantara Medan, hal ini berdasarkan jawaban responden berkaitan dengan cahaya dari pantulan sinar matahari membuat responden tidak puas melakukan pekerjaan serta suara bising yang terdapat dilingkungan kerja membuat responden tidak fokus dalam mengerjakan pekerjaan pada PT. Sarana Agro Nusantara Medan. Selain itu terdapat pengaruh antara budaya organisasi terhadap kepuasan kerja pada PT. Sarana Agro Nusantara Medan, hal ini dijelaskan juga berdasarkan jawaban responden berkaitan dengan karyawan memiliki insiatif yang tinggi dalam melaksanakan pekerjaan, berani mengambil tindakan yang berisiko, berusaha mengembangkan kemampuan dan keterampilan dalam bekerja untuk memajukan perusahaan, atasan selalu mengkomunikasikan kepada bawahan segala sesuatu yang berhubungan dengan usaha pencapaian tugas, kesempatan mendapatkan kenaikkan jabatan diberikan secara adil kepada karyawan yang bekerja dengan baik dan bagus pada PT. Sarana Agro NusantaraMedan.

Kata Kunci : Lingkungan Kerja, Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja


Keywords


Lingkungan Kerja, Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja

Full Text:

PDF

References


Juliandi, Azuar dan Irfan (2013), Metode Penelitian Kuantitatif untuk Ilmu-ilmu Bisnis, Cetakan Pertama, Bandung : Citapustaka Media Perintis.

Maryati (2014), Manajemen Perkantoran Efektif, Edisi Kedua, Cetakan 1, Yogyakarta : UPP STIM YKPN

Munandar, Ashar Sunyoto (2014), Psikologi dan Organisasi, Jakarta : UI-Press

Mega Arum Yunanda (2012) Pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan pada Perum Jasa Tirta 1 Malang Bagian Labotarium Kualitas Air.Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ekonomi. Universitas Brawijaya. Vol 5 No 1, Juni 2012

Mangkunegara AA. Anwar Prabu (2013), Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Cetakan Kesebelas, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Noor, Juliansyah (2013), Penelitian Ilmu Manajemen, Edisi 1, Jakarta : Prenada Media Group.

Parimita, Widia Dan Hadi, Wendi (2013) Pengaruh Lingkungan Kerja dan Budaya Organisasi terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada Bank BTN (Persero) Cabang Bekasi.Jurnal Riset Manajemen Sains, Fakultas Ekonomi. Universitas Negri Jakarta.Vol. 4 No 2, 2013.

Robbins, Stephen (2009), Manajemen, Edisi kesepuluh Jilid 1, Jakarta : Erlangga

Sunyoto, Danang (2013), Teori, Kuesioner, Dan Analisis Data Perilaku Organisasional, Jakarta : CAPS (Center For Axademic Publishing Service).

_______________ (2015), Penelitian Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: CAPS (Center For Axademic Publishing Service).

Sugiyono (2012), Metode Penelitian Bisnis, Bandung, CV. Alfabeta.

Soedjono, (2005) Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kinerja Organisasi dan Kepuasan Kerja Karyawan Pada Terminal Penumpang Umum di Surabaya.Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Fakultas Ekonomi.Universitas Kristen Petra.Vol 7 No 1, Maret 2005.

Sutrisno, Edy (2009), Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Kesatu, Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

____________ (2011), Budaya Organisasi, Cetakan kedua, Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Sedarmayanti, (2009), Tata Kerja Dan Produktivitas Kerja, Bandung : Mandar Maju

Simanjuntak, Payaman J (2011), Manajemen & Evaluasi Kinerja, Edisi 3, Jakarta, Universitas Indonesia.

Tika, Pabundu (2010), Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan, Cetakan ketiga, Jakarta : PT. Bumi Aksara .

Usman, Husaini (2010), Manajemen, Edisi ke 3, Jakarta Timur : PT. Bumi Aksara

Wirawan (2008), Budaya dan Iklim Organisasi, Cetakan kedua, Jakarta : Salemba Empat.

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (2009), Pedoman Penulisan Skripsi, Medan : Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.