Penerapan Pembelajaran Dengan Menggunakan Metode Diskusi Kelompok dengan Bantuan Alat Peraga Pada Pokok Bahasan Kubus Dan Balok Dalam Pembelajaran Matematika Di SMP Kelas IX Perguruan Gajah Mada Medan

Surya Wisada Dachi

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang diberikan dengan metode diskusi kelompok dengan bantuan alat peraga dengan yang diberikan pembelajaran secara konvensional dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan kubus dan balok. Sampel penelitian ini diambil sebanyak 2 kelas yaitu, kelas IX A dan kelas IX B. Teknik pengambilan sampel adalah secara random.

Instrument yang dipakai untuk mengumpul data penelitian ini adalah tes hasil belajar matematika pada pokok bahasan kubus dan balok. Tes ini berbentuk tes uraian yang berjumlah 10 soal. Sebelum pengujian hipotesis, telebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas data. Dari pengujian ini diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang memiliki varians yang homogeny dan berdistribusi normal.

Kata Kunci : Metode Diskusi Kelompok, Alat Peraga


Keywords


Metode Diskusi Kelompok, Alat Peraga

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Hamalik, Oemar, 2002. Pendidikan Guru. Jakarta. Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar, 1986. Media Pendidikan. Bandung. Alumni.

Karnasih, Ida, 2001. Prospek Pendidikan Matematika di Sumatera Utara. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Sehari Penerapan Pendidikan Matematika Realistik pada Sekolah dan Madrasah. Departemen Agama Sumatera Utara Bekerjasama dengan MAN dan MTs. N Se-Kota Medan, Asrama Haji Pangkalan Mansyur Medan. 5 November 2001.

Ruseffendi, E,T. 1980. Pengajaran Matematika Modern. Bandung. Tarsito.

Sudjana, Nana, 1989. Apa dan Bagaimana Mengajar. Bandung. Sinar Baru.

Sudjono, 1988. Pengajaran Matematika Untuk Sekolah Menengah. Jakarta. Depdikbud.

Sudjana, H.D, 2001. Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Jakarta. Falah Production.

Suherman, Erman, 1999. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta. Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.