PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN STRATEGI STUDENT LED REVIEW SESSION DENGAN METODE KONVENSIONAL

SRI WAHYUNI

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi Student Led Review Session di SMP Muhammadiyah 57 Medan. 2) Hasil belajar siswa dengan menggunakan Metode Konvensional di SMP Muhammadiyah 57 Medan. 3) Apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa menggunakan Strategi Student Led Review Session dengan Metode Konvensional di SMP Muhammadiyah 57 Medan Tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis yang berbentuk essay setelah divalidasi. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari enam kelas. Sampel yang diambil sebanyak dua kelas dengan jumlah siswa 84, satu kelas menggunakan Strategi Student Led Review Session sebagai kelas eksperimen dan satu kelas menggunakan metode Konvensional sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Hasil belajar matematika siswa menggunakan Strategi Student Led Review Session rata-rata 72,26 dan standar deviasi 6,008. 2) Hasil belajar menggunakan metode Konvensional dengan rata-rata 69,35 dan standar deviasi 4,402. 3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara Hasil belajar matematika siswa menggunakan Strategi Student Led Review Session dengan metode Konvensional di SMP Muhammadiyah 57 Medan Tahun. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa lebih baik menggunakan pembelajaran dengan Strategi Student Led Review Session.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Student Led Review Session, Metode Konvensional.


Keywords


Hasil Belajar, Student Led Review Session, Metode Konvensional

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.

Bahri Djamarah, Syaiful. 2000. Psikologi Belajar. Jakarta:Rineka Cipta.

Hamid, Moh.Soleh. 2011. Metode Edutainment. Yogyakarta:DIVA Press.

Kirana, Ika Okta. 2011. Upaya Meningkatkan hasil Belajar matematika Melalui Model Pembelajaran Student Led Review Session pada Siswa MTs. Al-Washliyah 05 T.P. 2010-2011. Skripsi. Medan. UMSU.

Nazir. 1983. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.

Prasetia, Indra. 2011. Panduan Penulisan Skripsi. Medan:Tim Penyusun FKIP UMSU.

Priyatno, duwi. 2008. 5 Jam Belajar Olah Data dengan SPSS. Yogyakart:Andi

Sagala, Syaiful. 2006. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Medan: Alfabeta.

Samadhi. 2012. Pembelajaran Aktive.

http://uripsantoso.files.wordpress.com/2011/06/active-learning_52.pdf. Diakses Pada Tanggal 20 Februari 2012. Pukul: 11.25 WIB.

Sudjana. 2002. Metoda Statistika. Bandung:Tarsito.

Tirtarahardja, Umar dan S. L. La Sulo. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta:Rineka Cipta.

Umar, Husein. 2003. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Thesis Bisnis. Jakarta:Rajawali Pers.

Yuslinawati. 2011. Perbandingan Hasil Belajar matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) dan Type Two Stay Two Stray (Ts-Ts) kelas VII SMP Negeri 3 Binjai TP. 2010/2011. Skripsi. Medan. UMSU.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.