PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF DAN BERBICARA BAHASA INGGRIS (SPEAKING) PADA MATA KULIAH ENGLISH DEBATE MAHASISWA

Ratna Sari Dewi, Mandra Saragih

Abstract


ABSTRAK

Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam meningkatkan kemampuan berfikir kreatif dan berbicara Bahasa Inggris (Speaking) pada mata kuliah English Debate mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di FKIP UMSU. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas. Penelitian ini berupa kolaborasi atau kerjasama antara peneliti dengan Dosen. Sumber data yang digunakan adalah informasi dari narasumber yaitu Dosen dan mahasiswa. Hasil pengamatan proses pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan dokumen resmi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah diskriftif komparatif yaitu membandingkan nilai keterampilan berbicara siswa pada suatu siklus sebelumnya dan analisis kritis yaitu mengungkap kelemahan dan kelebihan kinerja dosen dan mahasiswa selama pembelajaran. Proses penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan keterampilan berbicara mahasiswa dalam mata kuliah Debate.

Kata kunci : model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, berfikir kreatif, English Debate.


Keywords


model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, berfikir kreatif, English Debate.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Arends I.A. 2008. Learning to teach belajar untuk mengajar, Edisi ketujuh buku kedua, Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Dimyati, Mudjiono. 2006 . Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Penerbit Rineka Cipta

Ibrahim. 2002. Contextual Teaching and Learning. Bandung : Mizon.

Irvan. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Analisa Vektor di FKIP UMSU Medan. Penelitian Internal UMSU.

Johson. 2007. Contextual Teaching and Learning. Bandung: Miszon Media.

Kurnia, Sayuti. 1998 . Teori Sastra. Jakarta: Depdikbud.

Traigan, Henry Guntur. 1993 . Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.