PENGAJARAN ANAK USIA DINI MELALUI BUKU FLANEL TERINTEGRASI DALAM BAHASA INGGRIS

Alfitriani UMSU, Ratna Sari Dewi, Rita Harisma

Abstract


Abstrak

Pedagogi adalah ilmu atau seni dalam menjadi seorang guru. Istilah ini merujuk pada strategi pembelajaran atau gaya pembelajaran. Pengajaran PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) merupakan proses bimbingan yang sangat menentukan corak pertumbuhan dan perkembangan anak (3-6 tahun) yang sangat penting di masyarakat. Konsep pengajaran diimplementasikan dalam penataan kelas, strategi pembelajaran dan kesehatan gizi anak pada tiap sekolah PAUD. Gurunya mengajarkan berbahasa Inggris dengan cara bermain dan bernyayi tanpa alat peraga. Dan tuntutan para orang tua berlomba-lomba memasukkan anak mereka ke sekolah yang bertaraf internasional ataupun menguasai pembelajaran bahasa Inggris per kata secara lisan dalam perkembangan bahasa menggunakan produk buku flannel dalam bahasa Inggris Edukatif yang akan memudahkan mereka untuk mengajar anak-anak usia dini. Adapun solusi tersebut : memberikan pelatihan dalam metode pengajaran bahasa Inggris Edukatif per kata, dan memberikan pelatihan bahasa Inggris Edukatif kepada guru-guru. Beberapa metode pelaksanaan kegiatan ini adalah : (1) persiapan untuk mengikuti kegiatan

pelatihan, (2) pelaksanaan (tindakan) dalam keterampilan menjahit dan menggunting pola yang akan membuat suatu produk dari bahan flannel menjadi alat peraga (bantu) mengajar, (3) observasi tindakan dengan mengerjakan keterampilan menjahit dan menggunting pola yang dibuat menjadi buku flannel, (4) Evaluasi kesiapan guru-guru menggunakan produk sangat baik, (5) dan refleksi sangat antusias dengan kegiatan pelatihan dapat membuat kreasi yang lain dengan bahan flannel, karena bahan flannel ini lembut, tidak berbau, tidak tajam, berwarna-warni, dan aman untuk anak-anak.

Kata kunci : PAUD, Perkembangan Bahasa, Flannel

Keywords


PAUD, Perkembangan Bahasa, Flannel

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aitchison, Jeans. 2012 . Language Change Progress or Decay ? 4th Edition. University Press: New York

Alfitriani. 2015 . Persfektif Islam: Pengajaran Bahasa Iggris Pada Anak Usia Dini Proceedings International workshop on Islamic Development 8th.

Badru, Asep & Eliyati. 2008 . Materi Pokok Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka

Berko, Jean. 2005 . The Development of Language 6th Edition. Boston : Pearson.

Chaer, Abdul. 2007 . Linguistik Umum. Jakarta : Rineka Cipta. ISBN:978-979-518-587-1

Chaer, Abdul. 2007 . Psikolinguistik: kajian teoritik. Jakarta : Rineka Cipta.ISBN: 978-979-518-884-1

Dimiyati, Johni. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Aplikasi Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Kencana: Jakarta. ISBN : 978-602-9413-95-3

Gredler, Margaret E . 2011 . Learning and Instruction: Teori and Aplikasi. Jakarta: Kencana.ISBN: 978-602-8730-56-3.

Johni. 2013 . Metodologi Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Kencana. ISBN: 978-602-9413-95-3.

Noviyanti, Dian . 2014. Anak- Anak Kita Pengukir Peradaban . Gramedia : Jakarta. ISBN: 978-602-02-4674-1

Ottenheimer, H.J. 2006 . The Anthrophology of Language: An Introduction to Linguistic Anthrophology. Canada: Thomas Wadsworth.

Rahmat, Aceng. 2010 . Journal Kajian Linguitik dan Sastra : Implementasi Kurikulum Bahasa Asing di Taman Kanak-Kanak (TK) DKI Jakarta. Vol.22. No.1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.