PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXPLICIT INSTRUCTION BERBASIS MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VII-B SMP WARGA SURAKARTA

Mutia Febriyana

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis puisi dan (2) meningkatkan keterampilan menulis puisi melalui penerapan pendekatan kooperatif tipe explicit instruction berbasis media gambar. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VII-B SMP Warga Surakarta. Data berupa RPP, foto, hasil tes, catatan lapangan, catatan hasil dan wawancara. Sumber data diperoleh dari informan, lokasi dan proses pembelajaran serta dokumen.


Keywords


explicit instruction, media gambar, keterampilan menulis puisi

Full Text:

PDF

References


Amer, M. 2013. The Effect of Explicit Instruction in Expository Text Structure on the Writing Performance of Arab EFL University Students. Arab World English Journal. Vol.4, No. 1, pp.224-238.

Andayani. 2009. Bahasa Indonesia. Surakata: FKIP UNS. ________.2014. Pendekatan Saintifik & Metodologi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Surakata: Yuma Pustaka.

Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Badan Standar Nasional Pendidikan.006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Ekasari, A. D., Nuryatin, A., dan Suwito, W. 2014. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Strategi Pikir Plus Dengan Menggunakan Media Gambar Peristiwa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.Vol.3, (1),pp.1-9.

Kellog, R.T. 2008. Training Writing Skills: A Cognitive Developmental Perspective. Journal of Writing Research, 1(1), pp. 1-26.

Laeli, A. N, Wagiran, dan Suseno. 2013. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Keindahan Alam Menggunakan Metode Partisipatori Dengan Media Gambar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.Vol.2,pp.1-8.

Sapkota, A. 2012. Developing Students Writing Skill through Peer and Teacher Correction: An Action Research. Journal of NELTA, Vol. 17. (No. 1). Halaman 111-132.

Suprihatiningrum, J. 2014. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: AR-RUZ MEDIA.

Suwandi, S. 2009. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Yuma Pustaka. ______________.2011. Model-model Asesmen dalam Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.

Waluyo, J. H. 2010. Pengkajian dan Apresiasi Puisi. Salatiga: Widya Sari Press.

Zhang, Y. 2010. Cooperative Language Learning and Foreign Language Learning and Teaching. Finland: Journal of Language Teaching and Reasearch. Vol.1,No.1,pp.81-83


Refbacks

  • There are currently no refbacks.