PENGARUH EARNINGS DAN ARUS KAS DARI AKTIVITAS OPERASI TERHADAP DIVIDEN TUNAI

Novien Rialdy

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh earnings dan arus kas dari aktivitas operasi secara simultan terhadap dividen tunai yang diterima oleh pemegang saham pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Jakarta (BEJ) dan juga pengaruh earnings dan arus kas dari aktivitas operasi secara signifikan terhadap dividen tunai yang diterima oleh pemegang saham pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Jakarta (BEJ).

Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta (BEJ) yaitu sebanyak 150 perusahaan. Sampel ditentukan dengan metode purposive sampling, perusahaan yang dapat di jadikan sampel 11 perusahaan, sehingga sampel yang digunakan sebanyak 33, yang diperoleh dari data laporan keuangan tahun 2003-2005. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan pooling data. Uji F dan T digunakan untuk menguji hipotesis penelitian.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa earnings dan arus kas dari aktivitas operasi berpengaruh secara simultan terhadap dividen tunai yang diterima oleh pemegang saham pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Jakarta (BEJ). Earnings dan arus kas dari aktivitas operasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap dividen tunai yang diterima oleh pemegang saham pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Jakarta (BEJ).

Kata Kunci : earnings, arus kas dari aktivitas operasi, dan dividen tunai

Keywords


earnings, arus kas dari aktivitas operasi, dan dividen tunai

Full Text:

PDF

References


-


Refbacks

  • There are currently no refbacks.