PENGARUH MODEL STUDENTS FACILITATOR AND EXPLAINING KEMAMPUAN TERHADAP MEMBUAT BAGAN OLEH SISWA KELAS XI SMK-2 MEDAN AREA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Students Facilitator and Explaining terhadap
membuat bagan oleh siswa kelas XI SMK 2 Medan Area Tahun Pembelajara 2016/2017. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK 2 Medan Area Tahun Pembelajaran 2016/2017 yang
berjumlah 50 orang siswa yang terdiri dari dua kelas. Kemudian untuk menemukan sampel berdasarkan
acak kelas yang dilakukan kelas XI-1 yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen sedangkan
kelas XI-2 berjumlah 25 siswa dijadikan kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode eksperimen yaitu metode penelitian yang dilakukan dengan pengamatan secara teliti
terhadap objek penelitian serta adanya kontrol terhadap objek tersebut. Dalam penelitian ini penulis
menggunakan alat pengumpul data berupa tes, yaitu tes esai.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arends; Richard I. 2007. Learning to
Teach (belajar untuk mengajar) Edisi ke
Tujuh. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Djamarah, Syaiful Bahri. 2006. Strategi
Belajar-mengajar. Jakarta :Rineka Cipta.
Gulo. 2008. Strategi Belajar-mengajar.
Jakarta Grasindo
Lie, Anita. 2010. Cooperative Learning.
Jakarta ; Gramedia Widyasarana.
Pribadi, Benny A. 2009. Model Desain
Sistem Pembelajaran. Jakarta ; Dian
Rakyat.
Suprijono, Agus. 2010. Cooperative
Learning, Teori dan Aplikasi PAIKEM.
Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Refbacks
- There are currently no refbacks.