MEDIA ONLINE BAGI PENGEMBANGAN INDUSTRI KREATIF BIDANG KERAJINAN DI KABUPATEN DELI SERDANG SUMATERA UTARA

Rahmanita Ginting

Abstract


ABSTRAK

Di dalam Rencana Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia tahun 2025 yang
dirumuskan oleh Departemen Perdagangan RI menyebutkan adanya pergeseran
perekonomian berbasis sumber daya alam (pertanian) ke perekonomian berbasis
sumber daya manusia (industri dan teknologi informasi). Perkembangan
industrialisasi menciptakan pola kerja, pola produksi dan pola distribusi yang
lebih murah dan efisien. Target tersebut menyebabkan terjadinya pergeseran
konsentrasi industri dengan mengoptimalkan sumber daya manusia dan
kreativitas. Untuk itu sejak tahun 2011 Pemerintah Indonesia dengan jajaran
pemerintahannya di Kabupaten/ Kota menggalakkan perekonomian daerah yang
didukung oleh kreativitas melalui industri kreatif. Definisi industri kreatif adalah
industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, ketrampilan serta bakat
individu untuk menciptakan kesejahteraan, serta lapangan pekerjaan melalui
penciptaan dan pemanfaatan daya kreasi dan daya cipta individu.Adapun
permasalahan yang diangkat adalah mempertanyakan tentang; Bagaimana media
online menjadi media dalam pengembangan industri kreatif di Kabupaten Deli
Serdang, Sumatera Utara? Apakah media online dimanfaatkan oleh pelaku
industri kerajinan dalam memenangkan persaingan pasar industri kreatif yang
sejenis di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara? Penelitian ini menggunakan
metode deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data melalui wawancara,
observasi dan dokumentasi. Hasilnya adalah umumnya pelaku industri maupun
pembina industri kreatif di Deli Serdang memanfaatkan dengan baik teknologi
informasi & komunikasi melalui media online. Media sosial digunakan dalam
memajukan industri kreatif di Kabupaten Deli Serdang. Masyarakat menyerap
informasi tentang inovasi-inovasi baru dari media sosial kemudian diaplikasikan
ke dalam produk yang telah dirintisnya, atau digunakan sebagai media pemasaran.

Kata kunci: komunikasi, media online, industri kreatif


Keywords


komunikasi, media online, industri kreatif

Full Text:

PDF

References


-


Refbacks

  • There are currently no refbacks.