MELEJITKAN DAYA LITERASI MELALUI PEMBELAJARAN PANTUN

Nadra Amalia

Abstract


Perlu disadari bahwa kadar kecendikiaan dapat diukur dari tingkat literasi seseorang, yang daya lejitnya dimulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Meningkatkan mutu pendidikan tidak merupakan tugas bersama dan harus didukung oleh media, serta metode, salah satunya dengan melejitkan daya literasi melalui pembelajaran pantun. Hal ini juga disesuaikan dengan dicanangkannya pendidikan untuk masa depan yang berkelanjutan (education for sustainable development). Tujuannya adalah to empower people with the perspectives, knowledge, and skills for helping them live in peaceful sustainable societies. Bahwasannya ini menginspirasi untuk mengintegrasikan materi pembelajaran dalam kurikulum dengan kehidupan sehari-hari dalam bentuk pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang dibutuhkan untuk sustainable way of life. Ditambah dewasa ini berkembang tuntutan untuk perubahan kurikulum pendidikan yang mengedepankan perlunya membangun karakter bangsa. Hal ini didasarkan pada fakta dan persepsi masyarakat tentang menurunnya kualitas sikap dan moral anak-anak atau generasi muda. Oleh karena itu, upaya dengan melejitkan daya literasi berharap memberikan pembelajaran yang bermuatan karakter kepada peserta didik dalam pembelajaran maupun di lingkungan luar sekolah. Salah satunya melalui pembelajaran pantun. Tujuan penulisan ini untuk mengedepankan dengan melejitkan daya literasi melalui analisis tinjauan pustaka mengenai peran pembelajaran pantun bagi karakter peserta didik.

Keywords


pantun, daya literasi, peserta didik

Full Text:

PDF

References


Alwasilah, A.C. 2012. Pokoknya Rekayasa Literasi. Bandung: PT. Kiblat Buku Utama

Iswari, K.R. & Maryani. 2015. Komik Sebagai Upaya Menanamkan Budaya Literasi Sains. PROSIDING. Membangun Imajinasi dan Kreativitas Anak melalui Literasi. Vol.2 Universitas Pendidikan Indonesia.2015. ISBN 978-602-98647-4-8.

Geske, A.,& Ozola,A. 2008. Factors Influencing Reading Literacy at The Primary School Level. Problems of Education in The 21th Century, 16.

Hayat,B.,& Yusuf,S. 2011. Benchmark Internasional Mutu Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Kharizmi, M. 2015. Kesulitan Siswa Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi. PROSIDING Membangun Imajinasi dan Kreativitas Anak Melalui Strategi. Vol.2. Tahun 2015. Universitas Pendidikan Indonesia. Program Studi Pendidikan Dasar Sekolah PascaSarjana. ISBN 978-602-98647-4-8.

Mullis,V.I.,Martin,O.M.,Foy,P.,&Drucker,T.K. 2011. PIRLS 2011 Internasional Result in Reading.Chestnut Hill,MA.USA:TIMSS&PIRLS International Study Center.

Nurdiyanti, Eko& Suryanto. 2010. Pembelajaran Literasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Paedagogia, 13(2) Agustus 2010,115-128.

Prodopo, R.Dj. 1987. Pengkajian Puisi. Djogyakarta: Universitas Gajah Mada Press.

Setiadi, R. 2010. Self-Efficacy In Indonesia Literacy Teaching Context: A Theoretical and Empirical Perspective. Bandung: Rizqi Press.

UNESCO. 2006. Understanding of Literacy.Retrieved 2015, From http://www.unesco.org/education/GMR2006/Full/Chapt6_eng.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.