KECERDASAN EMOSIONAL DAN HASIL BELAJAR SISWA

Ilham Khairi Siregar

Abstract


Keberhasilan belajar peserta didik dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal dari tiap peserta didik. Faktor internal dalam mencapai hasil belajar yang baik yaitu kecerdasan, kondisi fisik, bakat, minat dan motivasi belajar siswa, sedangkan faktor eksternal yaitu lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, sarana dan prasarana sekolah. Penelitian ini mengkaji tentang Kecerdasan Emosi mempengaruhi Hasil Belajar Siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yaitu untuk mengetahui hubungan variabel kecerdasan belajar siswa dengan variabel hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penyebaran angket tertutup. Hasil analisis korelasi sederhana, mengemukakan terdapat hubungan positif antara kecerdasan emosional siswa dengan hasil belajar siswa, rhitung0,260 rtabel 0,255 dan hal ini dapat disimpulkan bahwa rhitung > rtabel (0,260>0,255). Sedangkan thitung sebesar 1,400 sedangkan ttabel 0,854 hal ini menunjukkan ada hubungan signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa karena thitung> ttabel(1,400>0,854).


Keywords


Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar

Full Text:

PDF PDF

References


Goleman, Daniel, 2003. Kecenderungan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.

Goleman, Daniel, 2003. Kecenderungan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.

Sawaf, A dan Cooper, R. K, 2001. Executive EQ Kecerdasan Emosional dalam Kepemimpinan dan Organisasi. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Arikunto, Suharsimi, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.