PENGARUH PEMBIAYAAN BAGI HASIL DAN MURABAHAH TERHADAP PROFITABILITAS PADA BANK SYARIAH MANDIRI

Novi Fadhila

Abstract


Pembiayaan yang diberikan oleh bank syariah mandiri dalam bentuk pembiayaan bagi hasil (mudharabah dan musyarakah) serta murabahah yang terus meningkat seharusnya diikuti dengan meningkatnya kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba, hal ini dapat dilihat dari laba yang dihasilkan oleh perusahaan. Namun pada Bank Syariah Mandiri tidak setiap peningkatan pembiayaan bagi hasil dan murabahah yang diberikan dapat meningkatkan kemampulabaan perusahaan.

Penelitian ini merupakan desain kausal (causal) yang bertujuan untuk menguji penyaluran pembiayaan bagi hasil (mudharabah,musyarakah) dan murabahah mempengaruhi profitabilitas pada Bank Syariah Mandiri. Sumber data dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan bulanan. Teknik analisis menggunakan regresi linier berganda dengan melakukan pengujian secara parsial (t) dan simultan (F).

Pengujian hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa pembiayaan mudharabah tidak berpengaruh secara signifikan terhadap profitabilitas, pada pembiayaan musyarakah terdapat pengaruh yang signifikan terhadap profitabilitas tetapi dengan nilai koefisien negatif, sedangkan pada pembiayaan murabahah berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Pada pengujian secara simultan menyatakan bahwa mudhararabah, musyarakah dan murabahah berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas.

Keywords


Ncesmab, Unpab, Isei, Mudharabah, Musyarakah, Murabahah, Profitabilitas.

Full Text:

PDF

References


Antonio, Muhammad Syafii. 2001. Bank Syariah Dari Teori Ke Praktik. Jakarta : Gema Insani.

Juliandi, Azuar, Irfan, manurung, Saprinal. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis. Medan, UMSU Press.

Ascarya. 2011. Akad & Produk Bank Syariah. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Fitri, Ella Fauziah. 2015. Pengaruh Corporate Social Responsibility Disclosure Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia tahun 2010 2012. Fokus Ekonomi. Vol. 10. No. 2, hal. 41-60

Fahrul, Fauzan, Muhammad Arfan, Darwanis. 2012. Pengaruh Tingkat Risiko Pembiayaan Musyarakah Dan Pembiayaan Murabahah Terhadap Tingkat Profitabilitas Bank Syariah (Studi Pada Bank Aceh Syariah Cabang Banda Aceh) Jurnal Akuntansi Pascasarjana Universitas Syiah Kuala Volume 2, No. 1, November pp. 76- 85.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS cetakan VII. Semarang : Universitas Diponegoro.

Harahap, Sofyan Syafri., 2000. Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ihsan, Muntaha (2011). Pengaruh Gross Domestic Product, Inflasi, dan Kebijakan Jenis Pembiayaan Terhadap Rasio Non Performing Financing Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2005-2010. Skripsi : FE UNDIP.

Slamet Riyadi, Agung Yulianto. 2014. Pengaruh Pembiayaan Bagi Hasil, Pembiayaan Jual Beli, Financing To Deposit Ratio (FDR) Dan Non Performing Financing (NPF) Terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah Di Indonesia. Accounting Analysis Journal. Vol. 3, No. 4, pp. 466 474.

Sulhan, Ely Siswanto. 2008. Manajemen Bank: Konvensional & Syariah. Malang, UIN Malang Press.

Oktriani, Y. 2012. Pengaruh Pembiayaan Musyarakah, Mudharabah, Murabahah Terhadap Profitabilitas (studi kasus pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk. Jurnal Ekonomi. Tasikmalaya: Universitas Siliwangi.

Yaya, Rizal. Dkk. 2009. Akuntansi Perbankan Syariah Teori dan Praktik Kontemporer. Jakarta : Salemba Empat.

Russely Inti Dwi Permata, Fransisca Yaningwati, Zahroh Z.A. Analisis Pengaruh Pembiayaan Mudharabah Dan Musyarakah Terhadap Tingkat Profitabilitas (Return On Equity) (Studi Pada Bank Umum Syariah Yang Terdaftar Di Bank Indonesia Periode 2009-2012) |Vol.12 No. 1 2014 adm Jurnal Administrasi Bisnis (JAB).

www. id.shvoong.com. Pengertian Profitabilitas, diakses 10 September 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.