Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Portofolio dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Sistem Akuntansi Di Program Studi Akuntansi

Surya Sanjaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerepan metode pembelajaran berbasis portofolio untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Sstem Informasi Akuntansi dan untuk mengetahui dan menganalisis perbedaan prestasi belajar mahasiswa kelas yang menerapkan metode pembelajaran berbasis portofolio dengan prestasi belajar kelas yang tidak menerapkan metode pembelajaran berbasis portofolio.


Jenis penelitian yang akan digunakan adalah penelitian kuantitatif eksperiment. Populasi target dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi UMSU, sedangkan populasi terjangkau yaitu seluruh mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi UMSU yang mengambil Mata Kuliah Sistem Akuntansi baik itu kelas Pagi dan Siang pada semester ganjil tahun ajaran 2015/2016. Sedangkan sampel diambil dari populasi dengan teknik cluster random sampling, yaitu pengambilan jumlah mahasiswa sebanyak 2 kelas dari seluruh kelas yang ada. Dari 2 kelas tersebut diundi kelas mana yang menjadi kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Untuk menganalisis data penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus t-test.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan prestasi belajar mahasiswa Kelas F Akuntansi Pagi (kelas kontrol) dengan prestasi belajar mahasiswa Kelas B Akuntansi Sore (kelas eksprimen) pada Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara pada taraf signifikan 5% dengan penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Portofolio.


Keywords


Metode Pembelajaran Berbasis Portofolio; Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.