PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA DALAM PENGUASAAN MATA KULIAH HUKUM HAK ASASI MANUSIA DENGAN PENERAPAN MODEL JIGSAW

Harisman Harisman, S.H., M.H

Abstract


Mata Kuliah Hukum Hak Asasi Manusia ,erupakan mata kuliah bersifat teoritis dan dogmatis yang sangat membosankan bagi mahasiswa. Apalagi pembelajaran yang digunakannya dengan model ceramah. Akibatnya keterlibatan mahasiswa bersifat pasif sehingga dapat berpengaruh pada prestasi belajar mahasiswa. Model Jigsaw ditawarkan sebagai solusi untuk memotifasi keterlibatan dan prestaasi mahasiswa dalam pembelajaran hukum hak asasi manusia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis dekrptif. Data yang digunakan terdiri dari: data sekunder dan data prmer. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa semester IV Fakultas Hukum UMSU. Sampel dalam penelitian ini adalah semester IV /D1 dan IV/E1 Fakultas Hukum angkatan 2014/2015, dan respondennya adalah seluruh mahasiswa semeseter IV /D1 dan IV/E1 yang berjumlah 62 (enam puluh dua) mahasiswa.Berdasarkan hasil pdenelitian dapat dinyatakan bahwa 90% mahasiswa menyatakan bahwa model Jigsaw dapat meningkatkan keterlibatan dalam pembelajaran hukum hak asasi manusia. Bahkan 35% mahasiswa yang mengikuti tes ujian dengan membandingkan skor nilai rata-rata mahasisw pada UTS dan UAS menunjukkan peningkatan prestasi nilai dengan rentang nilai 80 100.

Keywords


Prestasi belajar, Hukum Hak Asasi Manusia, Model Jigsaw

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zaenal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya

Dede Rosyada, A .Ubaedillah dkk., 2004, Buku Panduan Dosen Pendidikan Kewargaan (Civic Education) Demokrasi, Hak asasi manusia dan Masyarakat madani, Prenada Media, Jakarta.

Nusa Putra, 2012, Metode Penelitian Kualitatif Pendidikan,PT. RajaGrafindo Persada, Jakarta.

Trianto, 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif:Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Kencana Prenada Media

.........., 2014, Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum TingkatSatuan Pendidikan (KTSP), Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.