PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN ASPEK HUKUM DALAM PERDAGANGAN BEBAS BAGI MAHASISWA FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA SEBAGAI UPAYA PENIGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR

Harisman Harisman, S.H., M.H

Abstract


Aspek Hukum Dalam Perdagangan Bebas merupakan salah satu mata kuliah yang diajarkan pada Fakultas Hukum. Ada beberapa kendala yang dihadai dalam proses belajar menagajar mata kuliah ini. Bebarapa diantaranya adalah pemebalajaran masih konvensional yang dilakukan dengan strategi sajian presentasi yang monoton dan tidak memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengartikulasikan tentang hal yang dipelajari dan cenderung membosankan. Oleh karena itu diperlukan suatu tindakan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan diharapkan terjadinya penigkatan hasil belajar. Salah satu model pembelajaran yang dikembangkan sekarang adala Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Pengajaran ini menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks belajar bagi mahasiswa tetang cara berfikir kritis dan ketrampilan pemecahan masalah.

Tujuan penelitian ini, meningkatkan proses dan hasil belajar mahasiswa dengan model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Sikus pertama dimulai dengan identifikasi masalah yang ada didalam kelas, perencanaan berupa penyusunan langkah-langkah pembelajaran melalui penggunaan model pembelajaran problem based learning, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, analisis dan refleksi untuk tidakan pada siklus kedua. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester V Fakultas Hukum tahun ajaran 2015/2016. Data diperoleh melalui angket efektif dan kepuasan terhadap pembelajaran, ranah psikomotorik diperoleh dengan observasi. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran problem based learning (PBL) dapat menigkatkan proses dan hasil belajar mahasiswa semester V Fakultas Hukum t.a 2015/2016. Hal ini terlihat dari meningkatnya kedisiplinan, keseriusan dan kesenangan dalam mengikuti perkuliahan serta keaktifan dan keberanian mahasiswa menyampaikan pendapat dan hasil tes akhir perkuliahan.

Keywords


Proses dan hasil pembelajaran, Aspek Hukum Dalam Perdagangan Bebas, Model Problem based Learning.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian,Rineka Cipta, Jakarta, 1997

Abbas Nurhayati, Penerapn Model Pembelajaran Bedasarkan Masalah (Problem Based Instruction) Dalam Pembelajaran Matematika di SMU: 2000.

Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta, 1999

E. Mulyana, Kurikulum tingkat satuan Pendidikan sebuah Panduan Praktis, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2007

Ibrahim, Muslim dan Nur, Pembelajaran Berbasis Masalah, UNESA, Surabaya, 2000

Mujiono, Proses Belajar Mengajar, Remaja Rosdakarya, Bandung, 2007

Rochiati Wiriaatmadja, Metode Penelitian Tndakan Kelas, Remaja Rosdakarya, Bandung, 2007.

Siswidyawati, Implikasi Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Remaja Rosdakarya , Bandung, 2009

Suyanto, Metode Pembelajaran Berbasis Masalah, dipetik 3 Mei 2015, http://garduguru.blogspot.com/2008/12/metode pembelajarn-berbasis-maalah.htm.

Tri Widodo Teguh, dipetik 5 Mei 2015, file://D:/PENELITAN/PENELITIAN/PRAKTEK/TEACHING GRAND/41 MACAM MODEL METODE PEMBELAJARAN EFEKTIF htm


Refbacks

  • There are currently no refbacks.