EVALUASI DAKTILITAS PADA BANGUNAN RUMAH TOKO DI KOTA MEDAN

Ade Faisal, Ph.D

Abstract


P embangunan rumah toko (ruko) di Kota Medan berkembang secara pesat. Tetapi sayangnya perencanaan ruko tidak diperhitungkan dengan baik. Kondisi ini dapat berdampak buruk jika terjadi gempa kuat. Perencanaan struktur tahan gempa menurut peraturan terdiri dan tiga parameter utama yaitu kekuatan, kekakuan dan daktilitas. Penulisan makalah ini bertujuan untuk mengetahui perilaku struktur gedung ruko di Kota Medan berdasarkan SNI 03-1726-2002. Parameter yang ditinjau yaitu daktilitas struktur (p). Analisa yang digunakan adalah analisis beban dorong (tidak linear). Ada 2 ruko yang dievaluasi yaitu ruko 4 lantai di J1. Setia Budi dan ruko 3 lantai di Jl. Amir Hamzah. Dari basil yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai daktilitas struktur ruko melebihi nilai daktilitas maksimum pada SNI 03-1726-2002.

Keywords


daktilitas, analisis linier, analisa nonlinier

Full Text:

PDF

References


Aisyah, S., Megantara, Y.. (2011). Pemodelan Struktur Bangunan Gedung Bertingkat Beton Bertulang Rangka Terbuka Simetris di Daerah Rawan Gempa Dengan Metoda Analisis Pushover, Seminar Nasional AVoER ke-3, Palembang.

Badan Standardisasi Nasional; (2002). Standard Perencanaan Ketahanan Gempa Untuk Struktur Bangunan Gedung SNI 03-1726-2002, Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.

Badan Standardisasi Nasional; (2012). Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa Untuk Struktur Bangunan Gedung dan Non Gedung SNI 1726:2012, Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.

Budiono, Supriatna; (2011). Studi Komparasi Desain Bangunan Tahan Gempa Dengan Menggunakan SNI 03- 1726-2002 dan SNI 1726:2012, ITB Press, Bandung.

Dewobroto, W.; (2005). Evaluasi Kinerja Struktur Baja Tahan Gempa Dengan Analisa Pushover, Jurusan Teknik Sipil, Universitas Pelita Harapan.

Faisal, A.; (2013). Pemodelan Getaran Gempa Struktur Beton Untuk Analisa Tidak Limier, Prosiding Seminar Nasional IV HASTAG, Medan.

Kementrian Pekerjaan Umum, (1987). Pedoman Perencanaan Pembebanan Untuk Rumah dan Gedung, Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.

Siregar, Y. A. N, (2008), Evaluasi Daktilitas Pada Struktur Ganda, Laporan Tugas Akhir, Program Studi Teknik Sipil, Universitas Indonesia, Jakarta.

Tavio., Wimbadi, I., Roro, (2011), Studi Daktilitas Kurvatur Pada Kolom Persegi Panjang Beton Bertulang Terkekang Dengan Menggunakan Visual Basic 6.0, Seminar Nasional VII Teknik Sipil ITS, Surabaya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.