PENGARUH PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN TRANSPORTASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA.

Widia Astuty

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris pengaruh profitabilitas danCDruran perusahaan terhadap struktur modal baik secara parsial maupun simultan pada oerusahaan Transportasi ;ang terdaftar di Bursa Efck Indonesia. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 9 Perusahaan. Pengamatan yang dilakukan 4 tahun yaitu mulai dari tahun 2008 sampai dengan&un 2011. Variabel independent yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari Profitabilitas yang diukur dengan Return On Asset (ROA) dan Ukuran Perusahaan, sedangkan variabel depenf)nnya adalah Struktur modal yang diukur dengan Debt to Equity Ratio (DER). Teknik 8ngumpulan data dalam pcnclitian ini menggunakan studi dokumentasi. Tcknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Berganda, Uji Asumsi Klasik, Uji t, Uji F dan Koefisien Determinasi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara parsial Return On Asset berpengaruh signifikan terhadap Debt to Equity Ratio sedangkan ukuran perusahaan tidak pengaruh signifikan terhadap Debt to Equity Ratio. Secara simultan Return On Asset dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap Debt to Equity Ratio.


Keywords


Return On Asset, Ukuran Perusahaan, Debt to Equity Ratio

Full Text:

PDF

References


Brigham & Houston. (2011). Dasar-Dasar Manajemene Keuangan. Dite1jemahkan

Oleh Ali Akbar Yulianto, Buku 2, Edisi 11. Jakarta: Salemba Empat.

Harmono. (2009). Manajemen Keuangan. Cetakan Pertama. Jakarta : Bumi Aksara Hapsar

Laba ( Studi Kasus: Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta II periode 2001 sampai dengan 2005).

Kasmir. (2008). Analisis Laporan Keuangan. Cetakan Keempat. Jakarta : Rajawali Pers. Kusumaningrum, Eka Amelia. (2008). Analisis Pengaruh Profitabilitas, Pertumbuhan Asset, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal (Studi Kasus Perusahaan Realestate and Property Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2005-2009). II J urnal Manajemen Indonesia, hal.11/ l 2.

Riyanto, Bambang. (2002). Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. (Edisi Keempat). Yogyakarta: BPFE

Sawir Agnes. (2004), Kebijakan Pendanaan dan Restrukturisasi Perusahaan. (Edisi

ketiga). Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Sjahria

Mitra Wacana Media.

Syamsuddin, Lukman. (2009). Manajemen Keuangan Perusahaan Konsep Aplikasi

dalam: Perencanaan, Pengawasan dan Pengambilan Keputusan. Edisi Baru. m Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tiara, Hana. (2009). Pengaruh Uku.ran Perusahaan dan Profitabilita s Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Wholesale And Retail Trade Yang Terdaftar Di BEi Periode 2008-2010. Jurnal Manajemen Indonesia, hal. 8.

Utami, Endang Sri. (2009). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal Perusahaan Manufaktur. Volume 7, Maret 2009. Fenomena 43.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.