PENGARUH SOLVABILITAS TERHADAP PERUBAHAN LABA PADA PERUSAHAAN ASURANSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Widia Astuty

Abstract


Investor dalam menanamkan modalnya terlebih dahulu melihat bagaimana keadaaan perusahaan tersebut terutama yang berhubungan dengan pertumbuhan rasio solvabilitas dan menghubungkan pertumbuhan solvabilitas perusahaan dengan perubahan Iaba dari perusahaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris pengaruh solvabilitas terhadap perubahan laba perusahaan. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 10 perusahaan asuransi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan periode pengamatan 2006-2009. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling, sehingga diperoleh 8 sampel dalam penelitian ini. Variabel independen dari penelitian ini adalah debt to asset ratio (DAR) dan debt D'. uity ratio (DER) dan variabel dependennya adalah perubahan laba. Metode jyang diirnnakan dalantDnelitian ini adalah studi dokumentasi dari data la oran keuangan. Metode


Keywords


Debt to asset ratio, Debt to equity ratio, Perubahan Laba

Full Text:

PDF

References


Debt to Asset RatfDT)AR) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap perubahan laba pada perusahaan asuransi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Debt to Equity Ratio ; R) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap perubahan laba pada perusahaan asuransi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

ce Debt to Asset Ratio (DAR) dan Debt to Equity Ratio (DER) secara simultan tidak pengaruh signifikan terhadap perubahan laba pada perusahaan asuransi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Baridwan Zaki (2004). lntermmediate Accounting (edisi 8). Yogyakarta: Fakultas lfl Ekonomi UGM.

Fanani, Zaenal (2006). Manajemen Laba: Bukti dari Set Kesempatan Investasi, Utang, Kos Politis dan Konsentrasi Pasar pada Pasar yang Sedang Berkcmbang", Jurnal Simposium Nasional Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Erlangga Surabaya, 23-26, Agush1s 2006.

F. Brigham, Eugene dan Houston, Joel F (2011). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan (edisi 11). Jakarta: Salemba Empat.

Harahap, Sof y

an Syafri (20 l Ol Analisis Kritis alas Laporan Keuangan (edisi 1-9). Jakarta: P.T. Rajagrafindo Persada.

Jumingan (2009). Analisis Laporan Keuangan (cetakan 3). Jakarta: Bumi Aksara. Kasmir (2010). Analisis Laporan Keuangan (cetakan 3). Jakarta: Rajagrafindo

Persada.

Muljo, Hery Harjono (2007). Akuntansi Keuangan Menengah (edisi 1).

Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sawir, Agnes (2005). Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan

Dtsahaan (cetakan 5). Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.

SjahriJ, Dcrmawan (2008). Manq/emen Keuangan (edisi 2). Jakarta: Mitra

Wacana Media. II

Suaryana, Agung (2001). "l>cngaruh Pcmodcrasi Pcrtumbuhan Laba tcrhadap Hubungan antara Uk'lJran Perusahaan, Debt to Equity Ratio dengan Profitabilitas pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di P.T. Bursa Efek Jakarta " Jurnal Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Udayana.

Supriyono (2001). Proses Pengendalian Manajemen (edisi l).Yogyakarta:

Fak7Iltas Ekonomi UGM.

Wild, John J (2005). Analisis Laporan Keuangan (edisi 8, buku 1). Jakarta: Salemba Empat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.