PENGARUH STRATEGI BAURAN PEMASARAN DAN KEUNGGULAN BERSAING TERHADAP PANGSA PASAR INDUSTRI KECIL PENGOLAHAN IKAN DI SUMATERA UTARA

Widia Astuty

Abstract


lndustri Kecit Pengotahan Ikan ( IKPI ) merupakan kegiatan pengotahan ikan taut yang banyak terdapat di daerah Sumatera Utara. Industri ini sangat membantu dalam menyediakan bahan kebutuhan pokok bagi masyarakat dan sekaligus sebagai upaya untuk menghindari kerusakan ikan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan sumbangan pemikiran terhadap Manajemen Pemasaran industri kecil pengolahan ikan untuk melakukan terobosan terhadap ketidakjelasan dan ketidakpastian penerapan strategi bauran pemasaran dan attegi keunggutan bersaing Ruang tingkup penelitian meliputi survey pada engusaha engotah ikan taut, anati i enera an strategi bauran emasaran dan strate i ke ng


Keywords


Industri kecil pengolahan ikan, strategi bauran pemasaran, strategi

Full Text:

PDF

References


A Syakhroza. 2002. Bagaimana Memasarkan Nilai Tambah UKM dan Koperasi;

dalam Manajemen Usahawan Indonesia nomor l 0ffahun XXXI

Andadari, Roos Kities. 2002. Dapatkah Kinerja Ekspor dan UKM Dijelaskan; dalam

Jurnal Dian Ekonomi; Volume VIII nomor 3

Badan Pusat Statistik Indonesia, Edisi Tahun 1998 - 2002

Basu Swastha dan Ibnu Sukotjo. 200 l. Pengantar Bisnis Modern. Liberty,

Y ogyakarta.

Cravens, David W. 2000 . Strategic Marketing, Second edition, Richard D. lnvin

Inc., USA l!lJ

Djalaludin Rachmat. 2000. Metode Penelitian untuk Bisnis, Edisi Kelima. Media

Pustaka, Jakarta.

Farid Wajdi, M. 2002. Konsep dan Arah dalam Manajemen Strategi Bisnis; dalam

Jurnal -De.flt Volume 6 nomor l

Harif A Rivai. 2001. Strategi Aliansi, Upaya Meningkatkan Nilai Tambah dan

Keunggulan Bersaing Perusahaan; dalam Manqjemen Usahcnvan Indonesia nomor 0 l T&Jn XXX, Jakarta

Kotler, Philip, 1996. Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Im lementasi,

dan Pengendalian: Jilid l dan 2: disi Keenam. Erlangga, Jakarta Mubyarto. 2000. Ekonomi Kerakyatan. Yayasan Agro Ekonomika, Jakarta.

Moh.Nazir. 1988. Metode Penelitian. Ghalia, Jakarta.

Nicolas Kaldor. 1985. Perekonomian Indonesia diwarnai oleh Sistem Monopolistik - 11 Oligopolistik. Manajemen Usahawan Indonesia. Edisi Bulan Juli

orter, Michael E. 1994. Keunggulan Bersaing, Menci takan dan Mem ertahankan

IKinerja Unggul. Bi

Shrivastava R.K. et all.. 1998. Market Based Assets and Shareholder Yalu Journal of Marketing, number 62

Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi. 1995. Metode Penelilian Survei, LP3ES,

Jakarta. ED

Steinhoff, Dan and John F1. Burgees. 1993. Small Business Managemen4

Fundamentals. Mc. Graw Hill Book. International Edition

Suryana. 111)1. Kewirausahaan. Salemba Empat, Jakarta

Sugiono. r2002. Metode Penelitian Bisnis. CV. Alfabeta, Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.