PENGARUH STRATEGI BAURAN PEMASARAN DAN KEUNGGULAN BERSAING TERHADAP PANGSA PASAR INDUSTRI KECIL PENGOLAHAN IKAN DI SUMATERA UTARA
Abstract
lndustri Kecit Pengotahan Ikan ( IKPI ) merupakan kegiatan pengotahan ikan taut yang banyak terdapat di daerah Sumatera Utara. Industri ini sangat membantu dalam menyediakan bahan kebutuhan pokok bagi masyarakat dan sekaligus sebagai upaya untuk menghindari kerusakan ikan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan sumbangan pemikiran terhadap Manajemen Pemasaran industri kecil pengolahan ikan untuk melakukan terobosan terhadap ketidakjelasan dan ketidakpastian penerapan strategi bauran pemasaran dan attegi keunggutan bersaing Ruang tingkup penelitian meliputi survey pada engusaha engotah ikan taut, anati i enera an strategi bauran emasaran dan strate i ke ng
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A Syakhroza. 2002. Bagaimana Memasarkan Nilai Tambah UKM dan Koperasi;
dalam Manajemen Usahawan Indonesia nomor l 0ffahun XXXI
Andadari, Roos Kities. 2002. Dapatkah Kinerja Ekspor dan UKM Dijelaskan; dalam
Jurnal Dian Ekonomi; Volume VIII nomor 3
Badan Pusat Statistik Indonesia, Edisi Tahun 1998 - 2002
Basu Swastha dan Ibnu Sukotjo. 200 l. Pengantar Bisnis Modern. Liberty,
Y ogyakarta.
Cravens, David W. 2000 . Strategic Marketing, Second edition, Richard D. lnvin
Inc., USA l!lJ
Djalaludin Rachmat. 2000. Metode Penelitian untuk Bisnis, Edisi Kelima. Media
Pustaka, Jakarta.
Farid Wajdi, M. 2002. Konsep dan Arah dalam Manajemen Strategi Bisnis; dalam
Jurnal -De.flt Volume 6 nomor l
Harif A Rivai. 2001. Strategi Aliansi, Upaya Meningkatkan Nilai Tambah dan
Keunggulan Bersaing Perusahaan; dalam Manqjemen Usahcnvan Indonesia nomor 0 l T&Jn XXX, Jakarta
Kotler, Philip, 1996. Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Im lementasi,
dan Pengendalian: Jilid l dan 2: disi Keenam. Erlangga, Jakarta Mubyarto. 2000. Ekonomi Kerakyatan. Yayasan Agro Ekonomika, Jakarta.
Moh.Nazir. 1988. Metode Penelitian. Ghalia, Jakarta.
Nicolas Kaldor. 1985. Perekonomian Indonesia diwarnai oleh Sistem Monopolistik - 11 Oligopolistik. Manajemen Usahawan Indonesia. Edisi Bulan Juli
orter, Michael E. 1994. Keunggulan Bersaing, Menci takan dan Mem ertahankan
IKinerja Unggul. Bi
Shrivastava R.K. et all.. 1998. Market Based Assets and Shareholder Yalu Journal of Marketing, number 62
Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi. 1995. Metode Penelilian Survei, LP3ES,
Jakarta. ED
Steinhoff, Dan and John F1. Burgees. 1993. Small Business Managemen4
Fundamentals. Mc. Graw Hill Book. International Edition
Suryana. 111)1. Kewirausahaan. Salemba Empat, Jakarta
Sugiono. r2002. Metode Penelitian Bisnis. CV. Alfabeta, Bandung.
Refbacks
- There are currently no refbacks.