PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, REPUTASI KANTOR AKUNTAN PUBLIK,AUD/T REPORT LAG TERHADAP KETEPATAN WAKTU PELAPORAN

Widia Astuty

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris : (I) Pengaruh profitabilitas terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan; (2) Pengaruh ukuran perusahaan terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan; (3) Pengaruh reputasi KAP terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan; (4) Pengaruh audit report lag terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian descriptive dan verificative. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor transportasi yang terdaftar di BEI yang menerbitkan laporan keuangan tahunan yang telah diaudit dan terdapat surat atau bukti penerbitan laporan keuangan periode 2012-2014 yang berju 11 perusahaan. Jenis data adalah kuantitatif dengan sumber data sekunder, yaitu data t19 series dan data cross section. Selanjutnya metode analisis data menggunakan analisis Regresi Logistik. Hasil cnclitian mcnunjukkan bahwa : U) Profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan; (2) Uku.ran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan: (3) Reputasi KAP tidak berpengaruh signifikan terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan; (4) Audit report lag tidak berpengaruh signifikan terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan.


Keywords


Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Reputasi Kantor Akuntan Publik, Audit Report Lag, Ketepatan Waktu Pelaporan

Full Text:

PDF

References


Abidin S. (2008, October). Audit delay of Listed Companies : A Case of Malaysia. International Business Research, I (4).

Ahmad, Hamzah, M. Nisarul Alim dan Imam Subekti. 2005. Pengujian Empiris Audit. Report Lag Menggunakan Client Cycle Time dan Firm Cycle Time, dalam. Simposium Nasional Akuntansi, Solo .

Arens, A. A., Elder, R. J., Beasley, M. S.(2006). Auditing and Assurance Services Jthed.).United States: Pesrson International Edition

Ashton, R. H., Graul, P. R.,Newton, J. D. (1989). Audit Delay and the Timeliness of

Corporate Reporting. Contemporary Accounting Research, 657-673.

Belkaoui, Ahmed Riahi, 2006. Teori Akuntansi, Salemba. Empat, Jakarta .

Carslaw, C. A. Kaplan, S. E. 1991. An examination of audit delay: Further evidence from New Zealand. Accounting and Business Research, 21-32.

Darwin. (2012). Analisis Perbedaan Kualitas Audit KAP Big 4 dan KAP Second Tier dinilai dari lndependensi Auditor, Manajemen Laba, dan Nilai Relevansi Laba.Unpublished Undergraduate Thesis, Universitas Indonesia, Jakarta

Dwiyant

Dyer, James C. IV. & Arth.ur J. Mc Hugh .. 1975. The Time linelllof The Australian Ann.ual Rep.ort. Jou.ma/ of Accounting Research Volume 13.N.o. 2. P.p. 20.4-1.9.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan rogram SPSS, Badan. cnerbit UniYersitas Di neg r Semar n .

II

lkatan Akuntan Indonesia. (2009). Standar Akuntansi Keuangan : Per 1 Juli 2009.

Jakarta: Salemba Empat.

II

lskandar, M. J., Trisnawati, E. 2010. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Audit Report Lag Pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 12(3), 175-186 .

Kartika, A. 2009. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Audit Delay di Indonesia (Studi Empiris Pada Perusahaan-Perusahaan LQ 45 yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta).Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 16(1), 1-17.

II

Lianto, N., Kusuma, B. H. 2010. Faktor-faktor yang Berpengaruh Terhadap Audit

Report Lag. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 12(2), 97-106.

Petronila, Thio Anastasia. 2007. Analisis Skala Perusahaan, Opini Audit, dan Umur

Perusahaan AtasAkuntabilitas. Maret 2007. Hlm. 129-141

Sembiring, Yan Christin. 20 lO. Analisis Faktor-faktor yang Berpengaruh Terhadap Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan pada Perusahaan Perkebunan dan Pertambangan yang Terdaftar di BEi, Thesis, Universitas Sumatera Utara

Situmorang, Gratia M .. 2010. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu pada Perusahaan. Tesis. Universitas Sumatera Utara Pelaporan Keuangan Fak1:or yallJ berpengaruh terhadap Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan pada Perusahaan yang Listing di Bursa Efek Indonesia periode 2006- 2008. Tesis, Universitas Diponegoro.

Soetedjo, Soegeng, 2006. fktor-Faktor yang Mempengaruhi Audit Delay Log

(ARL)".Vol 9 No. 2. Agustus. pp 77 - 92.

Utami, W. (2006).Analisis Determinan Audit Delay Kajian Empiris di Bursa Efek Unpublished Thesis, Universitas Mercu Buana, Jakarta. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.