PENGARUH PROFITABILITAS TERHADAP MODAL KERJA PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Zulia Hanum SE,M.Si

Abstract


Tujuan dari peneletian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara Profitabilitas baik secara parsial maupun simultan terhadap Modal Kerja pada Perusahaan Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 16 Perusahaan Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2008 2012, sedangkan sampel yang memenuhi kriteria dalam pengambilan sampel untuk penelitian ini adalah 11 Perusahaan Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode tahun 2008 2012.

Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Profitabilitas, sedangkan variabel dependennya adalah Modal Kerja.Data yang telah digunakan adalah data sekunder, yang diperoleh dari situs www.idx.co.id.Data yang telah dikumpulkan akan dianalisis dengan metode analisis data yang terlebih dahulu dilakukan pengujian asumsi klasik sebelum melakukan pengujian hipotesis. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dengan uji t dan uji F. Pengelolaan data dalam penelitian ini menggunakan program Software SPSS (Statistic Package for the Social Sciens) 16.0 for windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Profitabilitas (ROA) tidak berpengaruh signifikan terhadap Modal Kerja.Profitabilitas (ROE) tidak berpengaruh signifikan terhadap Modal Kerja.Secara simultan, Profitabilitas (ROA dan ROE) tidak berpengaruh signifikan terhadap Modal Kerja pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.