Sistem Informasi Akuntansi Penuh dalam Penentuan Harga Jual pada PT. Coca Cola Bottling Indonesia Medan

Zulia Hanum SE,M.Si

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan informasi akuntansi penuh dalam penentuan harga jual yang dilakukan perusahaan sudah efektif. Yang menjadi Objek Penelitian Penulis adalah PT. Coca Cola Bottling Indonesia-Medan yaitu Perusahaan yang bergerak dalam bidang minuman ringan. Penentuan harga jual dilakukan oleh tiap daerah sebelum ditransfer ke pusat. Hal ini disebabkan oleh karena perbedaan biaya harga pokok produksi dan biaya operasional yang terjadi disetiap daerah.

Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode statistic deskriptif, yaitu suatu metode yang dilakukan dengan mengumpulkan, mengklasifikasikan, menganalisa serta menginterpretasikan data yang berhubungan dengan masalah yang dihadapi dan membandingkan pengetahuan teknis (data sekunder) dengan keadaan yang sebenarnya pada perusahaan untuk kemudian mengambil kesimpulan. Dan kemudian menggunakan metode rata-rata dari variabel penelitian.

` Dari pembahasan yang dilakukan dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa informasi akuntansi penuh yang dilakukan oleh PT. Coca Cola Bottling Indonesia Medan dalam Penentuan Harga Jual telah tepat, hal ini dapat dilihat dari perhitungan mean adalah sebesar 2,67. Penentuan Harga Jual pada PT. Coca Cola Bottling Indonesia Medan telah menggunakan informasi akuntansi penuh, hal ini dapat dilihat dari adanya penggunaan Metode Full Cost Pricing, dimana dengan menggunakan metode ini maka akan menunjukkan biaya-biaya yang digunakan dalam proses produksi baik itu langsung maupun tidak langsung. PT.Coca Cola Bottling Indonesia Medan tidak menetapkan mark-up atas produknya, hal ini disebabkan karena harga jual telah ditetapkan secara nasional, namun dalam penetapan harga jual untuk medan dan tiap daerah lain perusahaan terlebih dahulu menetapkan sendiri harga jual sebelum ditransfer ke pusat sesuai dengan tingkat inflasi di daerah tersebut.

Kata Kunci : Informasi Akuntansi Penuh dan Harga Jual


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.