Peran corporate social responsibility dalam memoderasi pengaruh profitability terhadap firm value

Muhammad Shareza Hafiz, S.E., M.Acc, Sri Fitri Wahyuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Return on Assets (ROA) terhadap nilai perusahaan pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Corporate Social Responsiblity sebagai variabel moderasi dalam hubungan antara Return on Assets dan nilai perusahaan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah pendekatan nonprobability sampling, terutama metode purposive sampling yang didasarkan pada tujuan dan pertimbangan atau kriteria tertentu dari 38 populasi perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI, dan 10 perusahaan pertambangan telah dipilih yang memenuhi kriteria sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Return on asset secara parsial terpengaruh terhadap Firm Value Nilai ttabel adalah sekitar 3,116, sehingga thitung < ttabel (3,116 > 1,705), signifikansi penelitian ini juga menunjukkan angka < 0,05 (0,004 < 0,05). Maka Corporate Social Responsibilty (CSR) secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Firm value. nilai thitung sekitar 1,777 dengan nilai signifikan 0,085, sedangkan ttabel lainnya sekitar 1,705, sehingga thitung> ttabel (2,080 > 1,705), signifikansi penelitian ini menunjukkan angka <0,05 (0,048 < 0,05).

Keywords


Return on Asset, Corporate Social Responsibility, Firm Value

Full Text:

PDF

References


Daniri, M. A. (2014). Lead by gcg. Jakarta: Gagasan Bisnis Indonesia.

Erlina. (2011). Metodologi penelitian. Medan: PSI USU.

Friedman, M. (2007). Ekonomi uang, perbankan, pasar keuangan (edisi terjemahan) ii. Jakarta: Salemba Empat.

Ghozali, & Chariri, A. (2007). Teori akuntansi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2009). Aplikasi analisis multivariative dengan program spss (edisi 4). Semarang: Badan Penerbit UNDIP .

Gunawan, J. (2009). Commitment in implementing and developing sustainable development goals. National Center For Sustainablity Reporting. Retrieved from http://www.ncsr-id.org

Harmono. (2009). Manajemen keuangan: berbasis balanced scorecard, (Edisi 1). Jakarta: Bumi Aksara.

Indonesia. (2007). Undang-undang no. 40 tahun 2007 tentang perseroan terbatas. Retrieved from https://www.ojk.go.id/sustainable-finance/id/peraturan/undang-undang/Pages/Undang- Undang-No.-40-tahun-2007-tentang-Perseroan-Terbatas.aspx

Kasmir. (2012). Analisis laporan keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kotler, P., & Nency, L. (2004). Corporate social responsibility: doing the most good for your company and your

cause. Hoboken: Wiley & Sons, Inc.

Kusumadilaga, R. (2010). Pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderating (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Skripsi, Universitas Diponegoro. Retrieved Januari 6, 2018, from http://eprints.undip.ac.id/22572/1/SKRIPSI_Rimba_Kusumadilaga.PDF

Nurdizal, M. R., Efendi, A., & Wicaksana, E. (2011). Panduan lengkap perencanaan CSR. Jakarta: Penebar Swadaya.

Nurlela, R. & Islahuddin. (2008). Pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dengan persentase kepemilikan manajemen sebagai variabel moderating (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta). Pontianak: Simposium Nasional Akuntansi XI.

Puspaningrum, Y. (2017). Pengaruh corporate social responsibility dan kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas dan ukuran perusahaan sebagai variabel moderating (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Profita, 5(2).

Ramadhani, L. S., & Hadiprajitno, B. (2012). Pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dengan prosentase kepemilikan manajemen sebagai variabel moderating pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bei. Jurna Akuntansi dan Auditing, 8(2), 95-189.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Peran corporate social responsibility dalam memoderasi pengaruh profitability terhadap firm value

Suharto, E. (2009). Membangun masyarakat memberdayakan masyarakat. Bandung: PT. Refika Aditama. Susanto, A. (2007). A strategic management approach, CSR. Jakarta: The Jakarta Consulting Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.