MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI

Ijah Mulyani Sihotang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dalam pembelajaran akuntansi dan apakah penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya hasil belajar akuntansi siswa, hal ini ditandai oleh banyaknya hasil belajar siswa yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini adalah Penelitian ekperimental yang dilakukan pada sekolah SMK. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre eksperimental One group pre-test post-test only, langkah awal dilakukan pre tes selanjutya pembelajaran diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran Team Assisted Individualization dan selanjutnya dilakukan Post tes. Sampel penelitian berjumlah 39 orang. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat hasil belajar pada pre tes sebesar rata-rata 50,51 dan standar deviasi 9,98 hasil belajar pada pos tes di peroleh nilai rata-rata 90,25 dan standar deviasi 65,7

Keywords


team assisted individualization; akuntansi

Full Text:

PDF

References


Aris Shoimin, 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013/Aris Shimin- Yogyakarta:Ar-Ruzz Media,2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.