PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI KLASIFIKASI HEWAN DALAM MENINGKATKAN TEAMWORK SKILL OLEH MAHASISWA PROGRAM STUDI PGSD

Indah Pratiwi

Abstract


Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan Teamwork Skill (kerjasama tim), untuk mengetahui respon mahasiswa dalam pembelajaran materi pada mata kuliah Konsep Dasar IPA dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik dan dari penerepan media pembelajaran IPA ini sekaligus untuk melihat peningkatan hasil belajar dengan menggunakan media pembelajaran berupa Taman Margasatwa yang menggunakan miniature hewan. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dokumentasu, observasi dan pemberian tes pada mahasiswa. Dalam penelitian mahasiswa bersama dengan dosen membuat media pembelajaran berupa replika taman margasatwa, yang nantinya berfungsi untuk mahasiswa dalam menjelaskan klasifikasi hewan secara khas ke siswanya ketika menjadi guru. Dalam pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran berbeda hasil kemampuan mahasiswa/i saat memahami suatu materi yang menggunakan pembelajaran yang biasa. Hal ini dapat terlihat dari rata rata hasil pembelajaran mahasiswa/I sebelum menggunakan media pembelajaran dengan belum menerapkan Teamwok skill hanya 63,8 dengan dan hasil pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran dengan menerapkan Teamwork Skill 87,3. Dari hasil yang diperoleh dapat terlihat penggunaan media pembelajaran dapat meningkatkan Teamwork Skill mahasiswa PGSD.

Keywords


Media Pembelajaran; Teamwork Skill dan Hasil Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Arsyad. A. 2010. Media Pembelajaran (Edisi Revisi). Raja Grafindo Persada. Jakarta

Hughes, R.L. Jones,S.K. 2011. Developing and Assessing College Student Teamwork Skills. Wiley Periodicals, Inc.Published online in Wiley Online Library (wileyonlinelibrary.com)

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Belajar. Yogyakarta.

Sanaky. H. AH. 2013. Media Pembelajaran Interaktif Inovatif. Kaukaba Dipantara : Yogyakarta.

Sadiman. A.S. 2014. Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Raja Grafindo Pustaka. Jakarta.

Sani, R.A. 2014. Inovasi Pembelajaran.Bumi Aksara. Jakarta.

Smith, C. 2011. Teamwork Skill Toolkit. Grifith University. http://www/griffith.edu.au/gihe/teaching-learning-curriculum/graduate-attributes(diakses:08oktober2015).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.