PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MAHASISWA DALAM MATA KULIAH REKAYASA PONDASI I

Fahrizal Zulkarnain S.T., M.Sc., Ph.D

Abstract


Penelitian pembelajaran dengan model Conceptual Understanding Procedures (CUPs) dapat merubah dan meningkatkan partisipasi serta keaktifan mahasiswa dalam kelas. Keaktifan mahasiswa dapat bertambah dengan adanya materi yang lebih menekankan aplikasi pada struktur bangunan secara umum. Potensi mahasiswa diberdayakan dengan dihadapkan pada permasalahan yang mengakibatkan rasa ingin tahu, menyelidiki masalah, dan menentukan jawabannya. Proses mencari, menemukan dan memecahkan masalah, akan lebih didorong kepada mahasiswa sehingga berfikir mencari bagaimana hal itu dapat terselesaikan. Dosen sebagai fasilisator, mengarahkan, dan membantu mahasiswa dengan harapan memahami konsep tersebut dengan baik. Penelitian tindakan kelas (PTK) diartikan sebagai suatu penelitian yang dilakukan secara sistematis yang secara sistematis reflektif terhadap berbagai tindakan yang dilakukan oleh dosen sekaligus sebagai peneliti, sehingga dapat memperbaiki kondisi pembelajaran yang dilakukannya. Pengaruh yang akan didapat berupa keaktifan dalam bertanya dan memahami beberapa tujuan dari materi yang diberikan, penyelesaian soal dan penerapannya pada bangunan tertentu dengan tipe pondasi tersebut. Langkah-langkah yang dilakukan antara lain pelaksaan, pemantauan dan evaluasi selama penelitian berlangsung. Manfaat yang didapat antara lain memberikan informasi kepada dosen, sehingga dapat membuat kerangka proses belajar mengajar pada mata kuliah rekayasa pondasi I dan mengembangkan pemahaman dan penguasaan materi, yang pada akhirnya dapat memecahkan masalah yang ada dengan membuat mahasiswa berfikir secara logis dan inovatif.


Keywords


proses pembelajaran; model pembelajaran; conceptual understanding procedures; penelitian tindakan kelas; pemahaman konsep

Refbacks

  • There are currently no refbacks.