Peranan Koperasi Dalam Kegiatan Usaha Tani di Kabupaten Langkat

Muhammad Buchari Sibuea

Abstract


Koperasi sebagai sebuah lembaga yang bergerak di desa terutama dalam menyediakan sarana produksi pertanian seperti bibit, pupuk, pestsida, alat-alat dan jasa penyedia modal serta penyuluhan, seharusnya mampu menunjukkan peranan yang lebih bermakna kepada para petani anggota.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan koperasi dalam hal penyediaan perkreditan, pemasaran dan penyedia sarana produksi
(bibit, pupuk dan pestisida) dan pengaruhnya terhadap pendapatan para petani kelapa sawit. Dari hasil penelitian ditemukan, dengan menggunakan analisis regresi linear diperoleh bahwa secara serempak terdapat pengaruh yang signifikan dari penyediaan kredit dan pemasaran terhadap pendapatan petani, tetapi secara parsial yang berpengaruh adalah pemberian kredit pada tingkat kepercayaan 95%. Meskipun demikian, secara deskriptif ditemukan bahwa anggota koperasi relatif memiliki apresiasi yang cukup baik terhadap keberadaan koperasi terutama dalam pemberian kredit dan pemasaran hasil. Penelitian
ini merekomendasikan agar koperasi lebih memberikan peluang dan kemudahan kepada petani untuk memperoleh kredit dan petani diharapkan dapat lebih efektif dalam kegiatan koperasi yang dibantu dan dibimbing oleh Pemerintah.

Kata kunci : Koperasi, Usaha Tani

Keywords


Koperasi, Usaha Tani

Full Text:

PDF

References


Anonimus, 1992. Undang-undang Perkopcrasian. Gra?ka. Jakarta.

Anoraga, P., I995. Badan Usaha Milik Negara. Pustaka Jaya. Jakarta. Azis MA, 1993. Koperasi dan Agromnustn. Bangkn. Jakarta.

Arikunto S, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta.

Ginting, J., 1975. Bercocok Tanam Kelapa Sawit dan Pengolahan Hasilnya. Sekolah Menengah Penanian Atas. Medan.

Hemanto, F., 1994. Ilmu Usaha Tani. Pcnebar Swadaya. Jakarta.

Kanasapoetra, A.G., 1984. Koperasi Indonesia yang Berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Rjneka Cipta. Jakarta.

Manajemen Pertanian (Agribisnis). Bina Aksara Jakarta. Mubyarto, I989.

Pengantar Ekonomi Pertanian. LP3ES. Jakarta.

Pahan, 1., 2007. Panduan Lengkap Kelapa Sawit. Jakarta. Pasaribu, A., 1981, Pengantar Statistik. Galian Indonesia. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.