Kesesuaian Inteligensi Dengan Perkembangan Moral Reasoning Remaja

Abdul Murad

Abstract


Penelitian ini mengenai kesesuaian (hubungan) inteligensi dengan perkembangan moral reasoning (penalaran moral) remaja di SMU Negeri IV Medan, kelas tiga. Penelitian bersifat exfost facto, menggunakan instrumrn Standard Progressive Matrices untuk variabel inteligensi dan Defining Issues Test untuk variabel moral reasoning. Populasi terdiri dari sembilan kelas, kemudian dengan teknik random diambil sampel lima belas. Setelah dilakukan seleksi kriteria sampel diperoleh 7, orang siswa sebagai sampel penelitian. Analisis statistik dilakukan dengan menggunakan uji korelasi Product Moment Pearson.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang erat antara intelegensi dengan perkembangan moral reasoning. Lebih rinci diketahui bahwa sebesar 5,63% moral reasoning siswa berada pada tahap pra-konvensional 35,20% berada pada tahap konvensional, 25,48% berada pada post-konvensional, dan sebesar 32,39% sedang berkembang. Disarankan agar stimulasi pengembangan moral reasoning terhadap siswa ditingkatkan.

Kata kunci : Intelegensi, moral reasoning, dan hubungan (kesesuaian).


Keywords


Intelegensi, moral reasoning, dan hubungan (kesesuaian)

Full Text:

PDF

References


Haditono, S. R, dkk. (1984). Psikologi Perkembangan : Pengantar dalam Berbagai Bagiannya. Yoyakarta : Gajah Mada University Press.

Sudarsono. (1993). Kamus Filsafat dan Psikologi . Cetakan Pertama. Jakarta : Rineka Cipta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.