Pengaruh Penerapan Strategi Group to Group Exchange Berbantu Media Microblogging Edmodo terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah English Syntax

Pirman Ginting

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan strategi Group to Group Exchange Berbantu Media Microblogging Edmodo terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah English Syntax. Jenis penelitian yang diterapkan adalah penelitian experimen semu (quasy experiment) dengan desain nonequivalent control group. Desain ini dipilih karena subjek secara alami telah terbentuk dalam satu kelompok utuh (naturally formed intact group). Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa semester V Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UMSU, dengan sampel terdiri atas dua kelas yakni V-C pagi sebagai kelas eksperimen dan V-A pagi sebagai kelas kontrol, yang dipilih dengan menggunakan cluster random sampling. Data penelitian dianalisis dengan menerapkan formula uji t. Hasil analisis data diperoleh nilai thitung adalah 2,5. Sementara itu, nilai ttabel dengan tingkat kebebasan df = N1+N2-2 = 39+39-2 = 76 dan taraf signifikan 5% adalah sebesar 1,99. Dari perhitungan tersebut dapat dilihat bahwa thitung lebih besar dari pada ttabel (thitung > ttabel) yakni 2,5 > 1,99. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain, ada pengaruh signifikan Strategi Group to Group Exchange Berbantu Media Microblogging Edmodo terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah English Syntax.


Keywords


Prestasi Belajar; Group to Group Exchange; Microblogging Edmodo; English Syntax

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.