PENGARUH STOCK SPLIT TERHADAP HARGA DAN RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DIBEI

Widia Astuty

Abstract


Stock split adalah tindakan memperkecil atau memperbesar nilai nominal saham. Tindakan memperkecil nilai nominal saham akan membuat jumlah saham semakin bertambah banyak atau disebut split-up. Sementara tindakan memperbesar nilai nominal saham akan membuat jumlah saham semakin sedikit atau disebut split-down. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris perbedaan harga saham dan return saham sebelum dan sesudah publikasi Stock Split

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2006 s/d 2008 yang berjumlah 385 perusahaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 34 perusahaan yang telah memenuhi criteria penarikan sample. Alat analisis yang digunakan adalah uji beda statistic parametric paired sample t-test.

Hasil penelitian menunjukan bahwa ada perbedaan harga saham maupun return saham sebelum dan sesudah publikasi Stock Split perusahaan yang terdaftar di BEI periode tahun 2006 sampai dengan tahun 2008. Pengumuman Stock Split memberikan pengaruh yang signifikan terhadap harga saham maupun return saham yang ditandai dengan adanya perbedaan rata-rata harga saham maupun return saham di seputar tanggal pengumuman Stock Split. Dengan kata lain dapat dinyatakan bahwa pengumuman Stock Split mempunyai kandungan informasi yang cukup sehingga menyebabkan perbedaan preferensi investor untuk menetapkan harga saham dalam jual beli saham.

Kata-kata kunci : Stock Split, Harga Saham, dan Return Saham.


Keywords


Stock Split, Harga Saham, dan Return Saham

Full Text:

PDF

References


Halim, Abdul 92005). Analisis Investasi. Edisi Kedua. Salemba Empat : Jakarta.

Jogiyanto (2000). Teori Portofolio dan Analisi Investasi, Edisi Kedua, BPFE : Yogyakarta.

Kasmir (2008). Analisis Laporan Keuangan. PT. RajaGrafindo Persada : Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.