PENGARUH STRATEGI BAURAN PEMASARAN DAN KEUNGGULAN BERSAING TERHADAP PANGSA PASAR INDUSTRI KECIL PENGOLAHAN IKAN DISUMATERA UTARA

Widia Astuty

Abstract


Industri Kecil Pengolahan Dean (IKPI) merupakan kegiatan pengolahan ikan laut yang banyak terdapat di daerah Sumatera Utara. Industri ini sangat membantu dalam menyediakan bahan kebutuhan pokok bagi masyarakat dan sekaligus sebagai upaya untuk menghindari kerusakan ikan.

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan sumbangan pemikiran terhadap Manajemen Pemasaran industri kecil pengolahan ikan untuk melakukan terobosan terhadap ketidakjelasan dan ketidakpastian penerapan strategi bauran pemasaran dan strategi keunggulan bersaing, Ruang lingkup penelitian meliputi survey pada pengusaha pengolah ikan laut, analisis penerapan strategi bauran pemasaran dan strategi keunggulan bersaing untuk mengetahui bagaimana pengaruhnya terhadap pangsa pasar. Sampel diambil dari dua tingkatan (two stage cluster sampling), meliputi 4 buah sampel Kabupaten/Kota sebagai sampel tingkat pertama (Primary Sampling Unit) dan 70 sampel pengusaha pengolah ikan sebagai sampel tingkat kedua (Secondary Sampling Unit). Penarikan sampel dilakukan secara acak (random) mengingat kondisi dan kemampuan mengelola usaha dari para pengolah ikan laut adalah hampir sama.

Analisis dilakukan dengan model regresi berganda (multiple regression) dan pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t (t test) untuk pengujian secara parsial, dan uji F (F test) untuk pengujian secara simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi bauran pemasaran dan strategi keunggulan bersaing berpengaruh signifikan terhadap pangsa pasar baik secara parsial maupun secara simultan.

Key words :   Industri kecil pengolahan ikan, strategi bauran pemasaran, strategi keunggulan bersaing, pangsa pasar


Keywords


Industri kecil pengolahan ikan, strategi bauran pemasaran, strategi keunggulan bersaing, pangsa pasar

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Indonesia, Edisi Tahun 1998 - 2002.

Mubyarto. 2000. Ekonomi Kerakyatan. Yayasan Agro Ekonomika, Jakarta.

Moh.Nazir. 1998. Metode Penelitian. Ghalia, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.